Pengungsi Sudah Kembali Ke Rumahnya Masing-masing

0 69

infowonogiri.com-GIRITONTRO-Hampir ratusan orang pengungsi korban banjir sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Sebab banjir yang menggenangi Dusun Punung dan Dusun Mulwosari di Desa Jatirejo Kecamatan Giritontro mulai surut. Meski belum total mengering namun genangan air sudah tidak menggenangi rumah mereka.

Camat Giritontro Kuswandi melalui Sekcam Joko Waluyo mengemukakan, sudah tidak ada lagi rumah yang tergenangi air. Air sisa banjir hanya menggenangi wilayah pekarangan, itupun kedalamannya tinggal beberapa centi saja. “Kedalaman air tinggal setengah lutut di pekarangan, rumah-rumah sudah tidak ada yang tergenangi air,” ujar Joko Waluyo Sabtu (7/4) petang.

Raja kaya, hewan piaraan seperti sapi dan kambing milik petani warga juga sudah dikandangkan ke tempat masing-masing. Surutnya air genangan disebabkan karena upaya kerja bhakti yang dilakukan warga setempat, dibantu oleh Muspika Kecamatan Giritontro. Yaitu dengan membuatkan saluran air yang mengarahkan air menuju tempat yang lebih rendah.

“Kita melebarkan selokan sehingga aliran air ke tempat yang lebih rendah menjadi lancar. Surutnya air sebagian mungkin karena meresap ke tanah, sebagian meresap ke dalam luweng,” tambah Joko Waluyo. Hingga hari ke tiga pasca banjir, Joko Waluyo belum menerima adanya keluhan dari warga setempat. ([email protected])

error: Content is protected !!