Paranggupito Butuh Teknologi Untuk Menggali Air Bersih

0 44

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sesungguhnya, di sebagian wilayah Kecamatan Paranggupito banyak ditemukan sumber air bersih. Namun, masyarakat setempat kebingungan cara memafaatkan sumber air tersebut untuk mencukupi kehidupan warga sekitar. Terutama pada musim kemarau.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Desa Gunturharjo, Suyadi. “Sebenarnya banyak mata air, tetapi bingung bagaimana penggunaannya,” katanya. Sebagian besar sumber air di sana belum dikelola secara maksimal. Sehingga warga setempat masih kekurangan air bersih pada waktu musim kemarau tiba.

Menurut pendapatnya, sumber-sumber air di sana perlu dipompa (disedot) terlebih dahulu, kemudian disalurkan ke rumah warga. Sebab, beberapa sumber air cukup jauh dari permukiman. Namun, mereka tidak mempunyai cukup biaya dan teknologi untuk memanfaatkan airnya.

Karena itu, warga berharap ada pihak yang mau membantu mengalirkan sumber-sumber air itu ke rumah warga. “Bisa dibor atau dengan cara lain, sehingga nantinya bisa mengurangi beban warga yang selalu kekurangan air bersih saat kemarau,” ujarnya.

Jika sumber-sumber air itu bisa dimanfaatkan secara maksimal, mereka tidak perlu lagi meminta bantuan setiap kemarau tiba. Selama ini bantuan diterima dalam bentuk air bersih yang dikirim melalui tangki-tangki air. Bantuan semacam itu menurutnya hanya bersifat sementara tampa pernah bisa menyelesaikan masalah.

Disebutkan sumber air di wilayah Paranggupito antara lain sumber air Waru. Volume air yang mampu disalurkan saat ini baru mencapai sekitar 6 liter per detik. Padahal, sumber ait tersebut mampu menyuplai air bersih hingga 12-16 liter per detik. Tetapi karena belum menggunakan teknologi sehingga belum bisa maksimal

Terpisah, Camat Paranggupito, Purwoto mengungkapkan, telah ada pembicaraan dengan komunitas American Jeep pusat dari Jakarta untuk mengebor sumber air desa setempat. Hal itu sebagai tindak lanjut bakti sosial yang digelar Solo American Jeep (SAJ) di desa tersebut, baru-baru ini. ([email protected])

error: Content is protected !!