Kemenkominfo Sosialisasi Hemat BBM

0 60

infowonogiri.com-WONOGIRI–Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memang batal dinaikkan oleh Pemerintah Pusat per 1 April lalu. Tindaklanjutnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI mulai menyosialisasikan program pembatasan dan pemanfaatan BBM bersubsidi, Sabtu (15/4) di alun-alun Giri Kridha Bhakti.

Alun alunpun dipenuhi ribuan masyarakat, terlebih sosialisasi itu diselingi ketoprak humor Opor Ayam (Opera Humor) Nyampursari dengan bintang tamu Bajang Koplak, Wawin Laura Solo, Rabies Jogja dan sejumlah artis lokal lainnya.
Hadir dari Sekretaris Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo RI Drs Ismail Cawidu Msi, Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto, pengusaha dan pengurus Hiswana Migas Drs Mulyadi MM. Ismail menjelaskan bahwa produksi minyak di Indonesia mencapai 930.000 barel per hari.
Namun, konsumsi masyarakat untuk bahan bakar bisa mencapai 1.300.000 barel per hari. “Sisanya 370.000 barel darimana kita peroleh untuk mencukupi konsumsi bahan bakar? Tidak lain adalah lewat impor. Kita impor 200 ribu minyak mentah, dan sisanya minyak sudah jadi,” jelasnya.
Pemerintah pusat, saat ini memang sedang gencar membatasi konsumsi BBM. Mekanisme pembatasannya adalah kendaraan roda empat milik pribadi tidak boleh memakai premium bersubsidi. Hanya kendaraan umum dan roda dua yang diperbolehkan memakai premium bersubsidi.
“Karena subsidi BBM itu 77 persen dinikmati oleh orang-orang kaya. Hanya 13 persen yang dinikmati masyarakat bawah,” katanya. Pemerintah pusat pun tengah menggodok regulasi bagaimana menghemat BBM.
Bupati Danar mengatakan ia telah menghimbau seluruh PNS Pemkab berhemat BBM. Contoh himbauan penggunaan mobil dinas seefisien mungkin. “Sekarang SKPD kalau mendatangi acara di daerah tidak boleh pakai mobil dinas sendiri-sendiri, tapi rombongan,” katanya. Pejabat juga diajak berjalan kaki ke DPRD.
Bupati Danar juga memamerkan keberhasilan Kelompok Petani di Desa Sumberharjo Kecamatan Eromoko yang berhasil memodifikasi mesin sedot air hemat energi. Dari semula berbahan bakar minyak (BBM) premium menjadi berbahan bakar gas (BBG).
Setelah dimodifikasi menjadi BBG lebih irit bahan bakar. “Waktu pakai BBM, mesin sedot air itu butuh 10 liter bensin untuk menyedot air selama waktu 10 jam. Setelah dimodifikasi, cukup dengan satu tabung elpigi 3 kilogram.”[[email protected]]

 

error: Content is protected !!