Kebakaran Rumah 1 Meninggal Dunia

0 59

infowonogiri.com-WONOGIRI- Kebakaran hebat menimpa rumah Kasdi pensiunan Dinas Peternakan Pemkab Wonogiri, Selasa (24/4) di Dusun Terbis RT 02/RW 01 Desa/Kecamatan Kismantoro. Rumah tersebut berada persis di sisi selatan Kantor Polsek Kismantoro dan di depan seberang jalan Kantor Koramil Kismantoro.

Korban meninggal bernama Darmi (57) akibat terluka bakar 95 persen. Sedangkan suaminya, Kasdi menderita luka bakar 60 persen dan cucunya, Narutama Rasetyado (4)  juga terluka bakar ringan pada pergelangan kaki kiri, pembantunya Imroh menderita luka bakar pada bagian kaki dan dilarikan ke Rawat Inap Purwantoro. Sedangkan Anaknya Ira Setyowati (28) berhasil menyelamatkan diri, namun kini syok berat.

 

Kapolsek Kismantoro AKP Suwono mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK mengemukakan, kronologisnya, kebakaran terjadi pukul 06.30. Penyebab kebakaran diduga dari bensin dan kompor berbahan bakar gas elpigi. Pagi itu kompor menyala, Kasdi sedang menakar bensin eceran dari jerigen ke botol literan.

Dua orang saksi, Brian guru olahraga dan anggota Polsek Kismantoro serta anggota Koramil Kismantoro mengetahui munculnya api dari dapur/rumah belakang. Kasdi diketahui membuka usaha jualan BBM eceran. Diketahui posisi api sudah membumbung tinggi disertai letusan beberapa kali.

Saksi berteriak meminta tolong warga. Warga berdatangan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Warga sempat mendatangkan mesin pompa air untuk menyedot air dari sungai sisi timur TKP. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil. Akibatnya rumah luluhlantah nyaris rata tanah, hanya tersisa tembok dinding rumahnya. Harta benda ludes terbakar. Dua unit sepeda motor honda impresa dan Honda Vario juga ikut terbakar.

Api baru padam sekitar pukul 08.30. Korban Darmi baru berhasil dikeluarkan dari dalam rumah dalam posisi sudah menjadi arang. Korban meninggal karena terjebak api di dapur. Darmi saat itu sedang tidak enak badan. Darmi lalu disemayamkan di Puskesmas Kismantoro.

Korban terluka bakar, Kasdi dilarikan ke RS dr Oen Solo Baru. Kondisi Kasdi dilaporkan kritis. Sedangkan korban meninggal dimakamkan di pemakaman umum Desa Jendi Kecamatan Girimarto.

Sementara saksi pembantunya belum bisa dimintai keterangan, karena syok berat.

Peristiwa kebakaran tersebut sempat memacetkan arus lalulintas dari dan menuju ke Kismantoro-Purwantoro, jalur lintas Propinsi Jawa Tengah -Pacitan Jawa Timur. Ratusan orang berdatangan menyaksikan lokasi kebakaran. Arus lalulintas dialihkan dari Pasar Kismantoro ke Timur. Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika turun ke lokasi kejadian memimpin anggota Ident untuk melakukan olah TKP. [[email protected]]

error: Content is protected !!