Jembatan Sesek Terpanjang Se-Jateng Mulai Dibangun Permanen

1 129

infowonogiri.com-WONOGIRI-Kepala Desa (Kades) Pokoh Kidul, Wuryatno meminta Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengucurkan anggaran untuk pembangunan jembatan di Dusun Gudang Desa setempat. Anggaran yang diusulkan oleh Kades adalah sebesar Rp.15.000.000,-.

Dijelaskan, bawha jembatan tersebut sejatinya telah dibangun secara bertahap dengan anggaran dana swadaya masyarakat setempat. Namun karena keterbatasan kemampuan masyarakat, sehingga pembangunan jembatan tersebut belum kelar.

Jembatan di Dusun Gudang memiliki panjang 110 M, jenisnya tergolong sebagai jembatan cagak atau bertiang pancang. Jembatan tersebut melintang di atas aliran Waduk Gajah Mungkur, menghubungkan Dusun Gudang dengan Dusun Blembem, Desa Pokoh Kidul Kecamatan Wonogiri.

Wuryanto menceritakan, keberadaan jembatan tersebut ada sejak dibangun oleh masyarakat Dusun setempat, yaitu sejak tahun 1980an. Awalnya warga membuat jembatan sesek (anyaman bambu) yang ditopang dengan kayu yang ditanam ke dalam dasar sungai.

“Dulu, jembatan ini, waktu itu, dikenal sebagai jembatan sesek terpanjang di Jawa Tengah. Secara perlahan tapi pasti, warga mulai membangun permanen. Selama ini dibangun secara swadaya, sebab kalau mengandalkan dari Negara entah kapan jadinya,” katanya.

Warga kini warga telah memulai membangun dengan dana swadya. Ternyata juga tak kunjung kelar, karena kemampuan warga sangat terbatas. Warga meminta pemerintah perhatian dan menganggarkan untuk merampungkan pembangunan jembatan itu.

Dari panjang jembatan yang mencapai 110 M, kini telah terselesaikan sekitar 95 meter. Sehingga tinggal tersisa sekitar 15 meter saja. Jembatan ini, mampu mempersingkat jarak tempuh dari 6 KM menjadi hanya 500 meter.

Sebab jika tidak ada jembatan ini, warga harus menempuh jarak 6 KM memutar melalui Dusun Gudang. Namun jembatan ini hanya diperuntukan pejalan kaki, pit onthel, dan sepeda motor roda dua. Kendaraan roda empat lebih tetap harus memutar melalui Dusun Gudang. ([email protected])

 

error: Content is protected !!