Guru Sekarang Kalau Gak Kreatif Kalah Dengan Artis

0 49

infowonogiri.com-WONOGIRI-Guru sekolah jika tidak kreatif dalam mendidik anak didiknya, maka akan terkalahkan oleh pengaruh artis yang tampil pada bebrapa program siaran televisi yang tidak mendidik. Karena itu untuk menanamkan pendidikan agama (akidah) dan ahlak yang mulia maka guru harus kreatif dan inovatif.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah (MIM) Nambangan Selogiri, Budi Susanto S.Ag, Sabtu (14/4) di di sela-sela Pengenalan Manasik Haji di halaman MIM Nambangan, Selogiri, yang diikuti oleh 84 siswa-siswinya.

“Tantangan mendidik anak di jaman sekarang cukup berat. Terutama oleh program siaran televisi yang tidak mendidik, teknologi komunikasi dan internet cukup marak,” ujarnya. Karena itu, orang tua harus mengawasi dan membatasi perilaku dan pergaulan anak.

Guru, yang bertugas di sekolah juga harus lebih kreatif untuk menanamkan budi pekerti, dan ideologi anak didiknya. Antara lain dengan cara yang menyenangkan, mengikuti perkembangan serta dilakukan secara terus menerus dan penuh waktu (full day).

Siswa MIM di Selogiri tidak hanya diajarkan pendidikan umum, namun juga diajarkan pendidikan agama sejak dini. Antara lain belajar membaca, menulis dan menghafal Al Quran dan doa-doa harian. Juga mengkaji tentang rukun islam yaitu shahadatain, shalat, zakat, puasa, dan haji.

Materi rukun islam, sudah biasa diajarkan dan dipraktekkan. Salah satu yang baru diterapkan di MIM Nambangan adalah pengelanan tata cara pelaksanaan Haji yang biasa disebut Manasik Haji. Materi ini dibimbing oleh Kepala KUA Tirtomoyo, Drs. H. Sudriman, M.I.

H. Sudirman mengemukakan Manasik Haji diambil dari Hadist Nabi Muhammad SAW; Khudzu Manasikakum (ambilah pelaksanaan haji seperti aku melaksanaannya). Haji terdiri dari, Haji Tamatuk, Kiron dan Ifrod. Syarat syahnya haji adalah islam, dewasa, mampu keuangan dan fisik.

Tujuan pengenalan Manasik Haji adalah dalam rangka mengenalkan dan menanamkan rukun islam yang ke lima bagi anak-anak. Sebab diyakini, jika akidah ditanamkan sejak dini akan lebih membekas. Rukun Islam ke 1-4 sudah dikenalkan, yang kelima pun perlu dikenalkan. ([email protected])

error: Content is protected !!