Empat Pilar Ideologi Bernegara Mulai Rapuh

0 59

infowonogiri.com-WONOGIRI-Empat pilar berbangsa dan bernegara Republik Indonesia semakin hari semakin rapuh, dan diambang kehancuran. Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Rapuh dan hancurnya pilar berbangsa dan bernegara itu tidak terlihat mata, tetapi dapat dirasakan. Yaitu dengan makin rusaknya moral generasi bangsa.

Itu dikemukakan oleh Hartanto perserta pelatihan Peningkatan Pemahaman Ideologi Negara, Selasa (24/4) di gedung Wisma Giri Wonogiri. “Kerusakan jalan terlihat mata. Jalan berlubang bisa ditambal. Tapi kalau kerusakan moral berbangsa dan bernegara tidak terlihat, tapi dapat dirasakan, namun sulit dibenahi,” ujar Hartanto peserta asal Kabupaten Boyolali.

Menurut Hartanto, kerusakan moral berbangsa dan bernegara disebabkan karena dalam menanamkan ideologi banyak yang hilang. Antara lain pelajaran P4 dan GBHN sudah nyaris hilang dari kurikulum sekolah. Sistem politik pemerintah RI juga tidak bisa lagi mengawasi pergerakan oknum-oknum yang menggerogoti ideologi bangsa.

Pada masa pemerintahan lama, pemerintah bisa mengawasi dari tingkat RT, RW Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai ke tingkat Propinsi. “Dulu pemerintah bisa mengawasi pergerakan sampai masuk ke gang-gang sempit, sekarang tidak bisa lagi,” katanya.

Sementara Ketua Panitia, Puwanto yang juga Kasubid Ideologi dan Wasbang Badan Kesbangpolinmas Provinsi Jawa Tengah, melaporkan acara ini diikuti oleh 60 peserta ormas dan LSM dari 11 Kabupaten/Kota se Soloraya dan plus Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Tujuannya memberikan pengetahuan ideologi bernegara. Pancasila, UUD, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

“Akhir-akhir ini empat pilar tersebut mulai luntur. Karena itu perlu ditanamkan kembali kepada  generasi muda,” katanya. Diklat menghadirkan dari Propinsi Slamet Sudjono SH MH, Kodim 0728 Wonogiri Letkol Inf Murdjoko, Kesbangpolinmas Wonogiri Gatot Gunawan, Sutopo Mulyo W SH Mhum Dosen Fakultas Hukum UNS, Drs Achmad Taufik Msi Dosen Undip Semarang. [[email protected]]

error: Content is protected !!