Canaker PT Liebra Permana Ancam Mogok Masal

0 89

infowonogiri.com-WONOGIRI-Calon Tenaga Kerja (Canaker) PT Liebra Permana (PT.LP) mengancam akan mogok masal, bahkan menyatakan akan keluar secara bersama-sama, jika akhir April ini mereka tidak diangkat sebagai karyawan.

Itu dikemukakan oleh Canaker di produsen pakaian dalam wanita, khusus Bra (BH) ekspor ke Eropa  dan Amerika itu. “Kami kecewa karena tidak segera diangkat menjadi karyawan. Dulu dijanjikan training 1 hingga 2 bulan. Kami training sejak Januari 2012, sudah tiga bulan lebih belum diangkat,” ujar Canaker.

Kesungguhan PT.LP untuk mendirikan pabrik garmen di Wonogiri juga dipertanyakan? Mereka khawatir jika rencana mendirikan pabrik batal maka mimpi menjadi karyawan tidak tercapai. “Juga dijanjikan berwisata, tapi gak pernah. Alasannya perusahaan kena musibah pencurian,” tambah nara sumber lain.

Kepala Produksi PT.LP Nunuk Setyaningsih didampingi Kepala Bidang Rekruitem Hari menjawab, PT LP memastikan segera membuat perjanjian kerja dengan Canaker untuk diangkat menjadi karyawan kontrak. Tahapanya melalui seleksi bagi Canaker yang telah ditraining minimal 2-3 bulan.

Saat ini PT.LP menyewa Gedung E BLK Disnaker Pemda Wonogiri di Ngadirojo Wonogiri. PT. LP Nopember 2011 lalu membuka pendaftaran Canaker sebanyak 2000 orang. Datang 1500 pelamar. Canaker yang mengikuti seleksi ada 800 orang. Sebanyak 150 orang lolos. Tahap pertama ditraining di PT.LP di Semarang, namun banyak Canaker yang keluar.

Belakangan, Januari 2012, PT. LP kembali merekrut Canaker untuk ditraining di Gedung E BLK Ngadirojo. Jumlah Canaker mencapai 100 orang. Kini tersisa 60 orang. “Meski masa training diberi upah harian,” ujar Nunuk. Upah harian Canaker adalah Rp.20 ribu /hari dibayarkan bulanan.

Nunuk meminta Canaker bersabar dan memahami perusahaan. Penilian ditentukan berdasarkan kinerja dan kemampuan produksi Canaker. Bagi yang lolos seleksi akan diangkat sebagai karyawan kontrak tiga bulan. Jika dinilai memenuhi syarat maka kontrak kerja ditingkatkan lebih lama.

Sampai saat ini, perusahaan belum memroduksi Bra. Apa yang dikerjakan oleh Canaker adalah pelatihan menuju produksi, sejak Januari hingga April ini. Pengangkatan Canaker juga akan dilakukan bertahap. Mengingat masa tranining Canaker tidak bersamaan.

“Kami pastikan kontrak kerja pasti ada,” tegasnya. Soal janji wisata, Nunuk meyakinkan suatu saat nanti pasti akan terlaksana, hanya menunggu waktu.

Molornya kontrak kerja dan wisata dikarenakan PT. LP tengah merencanakan pembangunan pabrik PT. LP. Kini PT. LP telah memiliki lahan 8 hektar untuk pabrik di Jl. Raya Nambangan KM 8 Selogiri Wonogiri, untuk 50 line (kelompok jahit). Dibutuhkan Canaker 4000 hingga 5000 orang setelah pembangunan berjalan 50 persen. ([email protected])

error: Content is protected !!