Buah Srikaya

0 72

infowonogiri.com-WONOGIRI-Hampir diseluruh wilayah kabupaten wonogiri, tumbuh berbagai  tanaman buah-buahan, salah satu diantaranya adalah buah srikaya atau buah nona (Annona squamosa), di Wonogiri ada juga yang menyebutnya dengan “mluwo gundul”.

Buah berbentuk bulat dengan permukaan kulit bermata banyak ini dikenal enak walaupun daging buahnya tergolong tipis karena bijinya yang relatif besar.

Buah srikaya kaya akan energi makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik. Kandungan gizi utama buah srikaya meliputi energi yang mencapai 101 kalori, karbohidrat 35,2 gram, protein 1,7 gram dan serat 0,7gram untuk setiap 100 gram buah srikaya. Begitu juga kandungan mineralnya yang cukup besar, kalsium sebanyak 27mg, fosfor 20mg, dan zat besi 0,8mg. sedangkan kandungan vitaminnya yang cukup banyak adalah vitamin C sebanyak 22mg, sedangkan vitamin B1 sebanyak 0,08mg, dan B2 0,04mg.

Buah ini memiliki berbagai manfaat, seperti biji buahnya yang biasa digunakan sebagai permainan tradisional dakon yang masih sering dilakukan anak-anak hingga sekarang. Selain itu bagian tanaman lainnya dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Daun srikaya yang pahit mempunyai manfaat sebagai antiradang, peluruh cacing usus, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya juga bermanfaat memacu enzim pencernaan,abortivum,anthelmintik,dan pembunuh serangga. Biasanya serbuk biji  buah srikaya digunakan untuk membunuh kutu pada hewan peliharaan. Sedangkan akar dan kulit kayu dari tanaman buah srikaya berkhasiat sebagai antiradang dan antidepresi.

meskipun buah srikaya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penggunaanya harus dibawah herbalis yang berpengalaman. Karena beberapa bagian dari tanaman srikaya ini beracun. seperti rebusan biji,akar,dan kulit pohonnya. Bahkan ibu hamil dilarang meminum rebusan biji buah srikaya,karena dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin yang dikandung.

Saat ini di Wonogiri buah srikaya kalah populer dengan buah-buahan lainnya, hal ini terlihat mulai jarangnya tanamanan ini  di pekarangan penduduk di Wonogiri.

Buah srikaya dapat tumbuh di daerah pegunungan tandus seperti di wilayah Wonogiri bagian selatan, Giritontro,Paranggupito,Pracimantoro dan di wilayah timur Wonogiri seperti di sekitar Kismantoro dan Purwantoro.[[email protected]]

error: Content is protected !!