Bencana Alam Melanda Selogiri

0 41

infowonogiri.com-WONOGIRI-Bencana alam angin ribut melanda wilayah Desa Gemantar dan Desa Nambangan di Kecamatan Selogiri, Senin petang (2/4) lalu. Akibatnya lima rumah warga mengalami kerusakan, dan 3 hektare tanaman padi siap panen di Desa Gemantar roboh. Ditaksir kerugian akibat bencana alam mencapai Rp.47 juta.

Pegawai Kecamatan Selogiri melaporkan salah satu rumah warga yang rusak adalah milik Samidi (50), warga Dusun Kerdu RT 2 RW VI, Kalikatir, Desa Nambangan. “Angin datang dari arah timur menuju barat. Pohon jati di timur rumah ambruk menimpa dapur,” kata Suratmi (47), istri Samidi.

Beruntung Sumadi, Suratmi dan anaknya berhasil menyelamatkan diri. Samidi mengalami kerugian sekitar Rp.10 juta. Hal yang sama dialami oeh tetangga Samidi. Antara lain Katiman, Parto Wiyono, Samino, dan Sakiyem. Sebagian kerusakan akibat atap rumahnya semburat akibat tertiup angin pecah. Kandang ayam milik Sukiyem pun juga rusak. Kerugian total sekitar Rp.12 juta.

Sementara 3 hektare sawah yang padinya rusak adalah milik beberapa warga di Dusun Nanggan, Desa Gemantar. Tanaman padi yang sebentar lagi masuk masa panen itu roboh. Akibatnya petani merugi sekitar Rp.25 juta. Sarana umum jaringan kabel PT Telkom di wilayah setempat rusak akibat tertimpa pepohonan tumbang.

Bambang Haryanto, Camat Selogiri mengemukakan pihak kecamatan sudah melaporkan bencana alam itu ke Pemkab. “Tidak ada korban jiwa. Hari ini Kamis (5/4) masyarakat sudah bekerja bhakti membersihkan reruntuhan dan memperbaiki rumah yang rusak,”. ([email protected])

error: Content is protected !!