Warga Gunungan Mulai Gali Lubang Luweng

0 39

infowonogiri.com-PRACIMANTORO-Penyumbat Luweng Kidul Umah dan Luweng Wetan Umah yang selama ini dicurigai menjadi penyebab banjir di Dusun Gunungan Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro mulai dilubangi oleh penduduk warga setempat dibantu oleh anggota TNI dan Polisi Muspika Kecamatan Pracimantoro.

Proses penggalian dilakukan sangat sederhana, yaitu dengan cara mencangkuli timbunan lumpur yang menutup luweng. Timbunan lumpur sangat parah. Tampak lumpur telah menutup seluruh lubang luweng mulai dari as luweng sampai ke bibir luweng. karena lumpur sudah mulai mengeras, pusat luweng dioncori (dialiri air).

Warga bekerja bakti secara bergantian sejak Rabu (28/3) lalu, hingga Kamis (29/8) belum kelar satupun. Upaya melubangi kedua luweng diyakini akan membuahkan hasil. Diharapan selama beberapa hari kedepan tidak terjadi turun hujan. Sehingga pekerjaan ini membuahkan hasil maksimal.

Sebagian warga yang lainnya, melebarkan saluran air dari perkampungan yang mengarah ke kedua luweng. Harapannya air yang masuk ke luweng lancar. Rimbunan pepohonan dan lima rumpun bambu di sekitar luweng ditebangi. Sehingga sampur (sampah dan lumpur) tidak serta merta terbawa air langsung masuk luweng.

Kepala Dusun Gunungan Sutarto mengemukakan, pihaknya belum bisa memperkirakan kedalaman luweng. Sehingga ia pun belum dapat mengetahui sampai kapan pekerjaan menggali lubang luweng kelar. Diperkirakan lubang tersebut memiliki lebar diamter 5 meter. Luweng tersebut diperkirakan tertimbun sejak tujuh tahun silam.

 “Ini baru digali, kita belum tahu kedalamannya. Yang jelas rongga luweng lebar bisa dimasuki orang,” ujar Sutarto, Kamis (29/3). Kerja bhakti selama dua hari, Rabu dan Kamis telah berhasil memindahkan timbunan lumpur yang menutup di sekitar bibir, seluas 16 meter, dengan kedalaman 2 meter.

Air yang dialirkan ke pusat luweng langsung mengalir ke dalam luweng. Saat aliran air dihentikan terdengar suara air tersedot dari dalam Luweng. Diyakini lubang Luweng tidak jauh dari lokasi galian yang dikerjakan warga.

Kedepan, warga setempat menginginkan Pemkab Wonogiri mengalokasikan dana untuk membangun saluran permanen dan membangun tembok pagar untuk semua luweng. Jika usulan disetujui warga siap mengerjakan secara swadaya. “Warga usulkan dikerjakan sendiri. Tenaga siap, konsumsinya juga siap,” katanya. ([email protected])

error: Content is protected !!