Tiga Pengusaha Purwantoro Divonis 5 Th Penjara

0 73

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tiga terpidana Narkotika jenis sabu-sabu (SS) di wilayah Purwantoro, yakni  Untung Sandi Raharjo (50), Gatot Sutarno (47) dan Bambang Haryanto (44) menjalani babak akhir persidangan, Kamis (8/3) di kantor Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri.

Ketiganya disidang di tempat terpisah oleh majlis yang sama namun jaksa penuntutnya berbeda-beda. Mereka dinyatakan terbukti bersalah melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Masing-masing divonis pidana penjara 4 tahun hingga 5 tahun lamanya.

Untung dan Gatot terbukti melanggar pasal 112 UU No 35/2009, masing-masing divonis pidana empat (4) tahun penjara dan denda Rp.800 juta subsider 3 bulan penjara. Sedangkan Bambang terbukti bersalah melanggar pasal 114 UU No 35/2009. Bambang divonis pidana penjara 5 tahun dan denda Rp.1 Milyar subsider 6 bulan penjara.

Sidang ketiga perkara tersebut dipimpin oleh majlis hakim yang sama, yakni Priyanto, S.H didampingi anggota Nataria C Triana, S.H, dan Dwi Atmojo, S.H. Jaksanya berbeda satu sama lain.

Untung adalah warga Dusun Tegalrejo, Desa Karanglo, Kecamatan Purwantoro. Dia disidang oleh jaksa Titik Maryani, S.H. Gatot warga asal Dusun Dangkrang, Desa/Kecamatan Purwantoro disidang oleh jaksa Wahyu Sri Hartani. Bambang asal Desa Gunungsari Kecamatan Jatisrono disidang oleh jaksa Andreas Yudhotomo alias Tomy.

Atas keputusan majlis tersebut, ketiga terpidana menyatakan menerima atas putusan tersebut. Jaksa-jaksanya, juga menyatakan menerima.

Seperti diberitakan, pertengahan Desember 2011 lalu, Untung dan Gatot tertangkap tim Sat Narkoba Polres Wonogiri, saat pesta SS di rumah di Desa Karanglo, Purwantoro. Kemudian mengembang menangkap Bambang di Kecamatan Jatisrono. Polisi menemukan barang bukti dua paket SS, satu bong, dua korek api, satu HP, dan satu jaket.

Hasil tes urin, juga menguatkan bahwa ketiganya positif mengkonsumsi narkoba. Awalnya mereka dicurigai sebagai bandar. Namun mereka membantah. Mereka mengaku hanya sebagai pemakai. Bahkan Untung merasa dijebak oleh seseorang yang dikenali berinisial Wwn.

Alibinya, uang yang digunakan untuk membeli paket SS sebesar Rp.400 ribu adalah berasal dari Wwn. Awalnya uang dari Wwn diberikan ke Bambang, lalu diberikan ke Gatot. Gatot kemudian memberikan uang itu kembali ke Untung.

Lalu uang itu untuk membeli SS seberat ¼ gram dari Bambang. Kemudian SS itu dinikmati bersama-sama. Kini mereka bersama-sama pula masuk bui. Sementara pria botak berinisal Wwn entah kemana. ([email protected])

error: Content is protected !!