Sungai Bawah Tanah Meluap Puluhan Warga Pracimantoro Terancam Banjir

0 92

infowonogiri.com-PRACIMANTORO-Sebanyak 36 jiwa di Dusun Gunungan RT 01 RW 04 Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro diungsikan, menyusul banjir yang melanda wilayah setempat sejak Minggu (4/3) lalu, hingga Rabu sore (7/3) banjir belum surut. Bahkan hujan masih berlangsung.

Sebanyak sembilan rumah terendam air dengan ketinggian satu hingga dua meter. Rumah paling parah terendam air adalah milik Warsino (60). “Rumah Warsiono terendam air sampai ke gentengnya, nyaris tenggelam,” ujar Kapolres Wonogiri melalui Kapolsek Pracimantoro AKP Sutrsino.

Sementara delapan rumah lainnya adalah milik Supanto (45) peani, Lasini (45), Warmorejo (70) petani, Katimo (40) petani, Tukino (41), Slamet (40) petani, Karyono (50) petani, dan rumah Kepala Dusun setempat Sutarto (55) juga takluput dari banjir.

Beberapa rumah lainnya pun terancam banjir. Karena itu, sejak kemarin jajaran Muspika Kecamatan Pracimantoro dan Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P turun ke lokasi kejadian. Mereka turun membantu mengevakuasi korban banjir, dan membantu membawa barang-barang rumah tangga ke lokasi rumah warga yang diperkirakan aman dari banjir.

Penyebab banjir belum diketahui pasti. Dugaan sementara banjir tersebut disebabkan oleh dua hal. Pertama dua luweng di wilayah dusun setempat tersumbat jerami dan sampah pertanian warga setempat saat ini sedang musim panen. Kedua, air sungai bawah tanah meluap hingga keluar melalui luweng.

Luweng adalah semacam lubang atau gua di kawasan pegunungan yang berbentuk vertikal. Luweng biasanya muncul di permukaan kawasan pegunungan dan terhubung dengan sungai bawah tanah, air sungai bawah tanah mengalir sampai ke laut pantai Selatan. Kedalaman luweng mencapai belasan meter, bahkan diperkirakan ada yang mencapai ratusan meter seperti Luweng Pace, Luweng Asem di Kecamatan Paranggupito.

Novri anggota DPRD asal Pracimantoro melaporkan, wilayah Dusun Gunungan terletak di atas Gua Putri Kencono. Posisi dusun tersebut berada di cekungan yang dikeliling pegunungan. Dusun tersebut berjarak sekitar 7Km dari Jl. Raya Pracimantoro-Wuryantoro, dapat ditempuh dari pertigaan sisi Utara Mapolsek Pracimantoro. ([email protected])

error: Content is protected !!