Sang Maestro Campursari Tutup Usia

0 91

infowonogiri.com-JAKARTA-Bangsa Indonesia, kehilangan tokoh terkenal di bidang musik campursari, Manthou’s alias Anto Sugiyarto meninggal dunia sekira pukul 07.30 Jumat (9/3/12) di Rumah Sakit Pamulang Tangerang.

Pemusik campursari itu meninggal pada usia 60 tahun, disebabkan karena serangan jantung. Sebelum dilarikan ke rumah sakit, riwayat kesehatan Manthous menderita sesak nafas dan pernah terjatuh.

Jenasahnya akan dibawa dari Jakarta menuju Playen Gunungkidul melalui jalan darat hari ini. Pemakaman   pimpinan Group Campur Sari Gunungkidul (CSGK) akan dilakukan hari Sabtu (10/3/2012) di pemakaman keluarga di Desa Playen, Kecamatan Playen Gunung Kidul.

Nama Anto Sugiyarto mulai terkenal sejak tahun 1995 melalui karya musik Campursari ciptaannya. Seiring terkenalnya lagu-lagu Anto Sugiyarto, Kabupaten Gunungkidul kian mendunia. Campursari versi Anto Sugiyarto sebagai paterm lahirnya musik Jawa Campursari modern.

Sejak saat itulah Anto Sugiyarto dikenali sebagai Manthous. Antara lain karya Manthous yang cukup akbrab di telinga penggemar campursari adalah Rondho Kempling, Tiwul Gunung Kidul, Mbah Dukun, Gethuk dan beberapa lagu lain.

Kontributor infowonogiri.com di Jakarta melaporkan, ratusan pelayat hadir ke rumah duka. Terlihat hadir pemusik dan pemilik grup musik Campursari, Pak Pur dari Gandem Marem, Koko Thole, Joko Thole dan Susan Atmadja bintang penyanyi Campursari asli Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!