Propinsi Jateng Sedang Siapkan Perda Budaya Jawa

0 50

infowonogiri.com-WONOGIRI-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama DPRD I Provinsi Jawa Tengah, kini tengah menyusun Rencana Peraturan Daerah (Raperda) tentang Budaya dan Pariwisata di Jawa Tengah. Salah satu poin penting yang dibahas oleh Komisi E yang membidangi Budaya dan Pariwisata adalah budaya asli Jawa Tengah.  

Harapannya jika Raperda telah ditetapkan menjadi Perda maka Budaya Asli Jawa Tengah kian banyak yang “nguri-uri” budaya asli masyarakat Jawa Tengah. Hal tersebut dikemukakan oleh Hj Endang Maria, S.H saat memberikan sambutan acara HUT Monitor RHM, Radio Budaya Wonogiri, kali ke dua tahunnya, Minggu (25/3).

Endang merasa bangga, meski RHM hanyalah radio kecil, milik komunitas pecinta Budaya Wonogiri, namun ternyata masih ada sekelompok masyarakat pedesaan yang peduli memperhatikan dan menghidupkan budaya-budaya Jawa. Seperti wayangan, klenengan, mat-matan, gending jawa dan campursari, serta budaya lainnya.

“Saya berharap, makin banyak komunitas pecinta budaya jawa, maka budaya Jawa tidak akan tergoyahkan oleh budaya dari barat yang bersifat negatif,” ujar wakil rakyat dari Dapil IV Jateng ini, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo dan Sragen ini. Acara itu dihadiri oleh sekitar 50 anggota komunitas monitor RHM. ([email protected])

error: Content is protected !!