Pengadaan Barang-Jasa Wajib Diumumkan Melalui Portal

0 37

infowonogiri.com-WONOGIRI-Pengumuman pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah, wajib diumumkan di portal dan atau web resmi mili pemerintah setempat. Sedangkan melalui media lain, sifatnya tidak wajib.

Demikian terungkap pada acara sosilisasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) bagi aparatur pemerintahan dan stakeholder, Senin (26/3) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Alasannya, pengumuman pengadaan barang dan jasa melalui portal atau web dinilai lebih efektif dan efisien serta transparan. Acara sosialisasi LPSE itu dibuka oleh Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto.

Menurut Bupati untuk mewujudkan pemerintahan yang cepat dan transparan perlu menerapkan system informasi dan teknologi, yaitu melalui e-Procurement. “Tahun 2012 ini minimal 40% dari belanja barang/jasa akan menerapkan sistem e-Procurement,” katanya.

E-Procurement merupakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik berbasis web/internet. Prakteknya setiap pelelangan umum dilaksanakan secara elektronik dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi informasi, yang diselenggarakan oleh LPSE.

Suryanto tutor dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyebutkan, selama ini dalam proses lelang sering terjadi kompetisi yang tidak fire. “e-Procurement untuk menata lelang agar tidak hanya perusahaan tertentu yang dimenangkan” jelasnya.

Disarankan, penyelenggara lelang, juga harus aktif mengikuti perkembangan, sehingga akan mengetahui perusahaan yang telah diblacklist, yang dapat diketahui melalui website LKPP. Tujuannya agar tidak terjadi perusahaan daftars hitam dimenangkan pada pelelangan. ([email protected])

error: Content is protected !!