Ni Ketut Swastika SIK Programkan Satu Desa Satu Polisi

0 34

infowonogiri.com-WONOGIRI-AKBP Ni Ketut Swastika memogramkan Satu Desa Satu Polisi (SDSP) di sebanyak 294 Desa/Kelurahan se wilayah Hukum Polres Wonogiri. Program tersebut kali pertama dilaksanakan di wilayah Polsek Selogiri.

Hal itu dikemukakan oleh Kasat Binmas AKP Sonhaji didampingi oleh Kasubag Humas AKP Supriyadi, Senin (19/3) di halaman Mapolres Wonogiri. “Ibu Kapolres memrogramkan Satu Desa Satu Polisi. Pilot projeknya di Polsek Selogiri,” ujar Sonhaji.

Dijelaskan Sonhaji, tujuan program SDSP adalah dalam rangka memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat Desa/Kelurahan. Semakin dekat dengan masyarakat semakin baik pelayanan polisi untuk masyarakat.

Lebih jauh, jika program SDSP terlaksana baik dan benar sesuai petunjuk tugas dan fungsi polisi, maka keamanan dan ketertiban masyarakat terjaga. Tugas tersebut diamanahkan kepada Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembinaan Keamanaan dan Ketertiban Masyarakat).

 Ujung tombak polisi adalah Kapolsek, sedangkan mata tombak polisi adalah anggota Bhabinkamtibmas. Keberhasilan pelayanan masyarakat (Yanmas) ada pada Kapolsek dan Bhabinkamtibmas. “Tugasnya melaksanakan pre emtif dan prefentif,” tambah Sonhaji.

Untuk memotivasi program SDSP Kapolres menggelar lomba pidato Kompetinsi Anggota Bhabimkamtibmas untuk seluruh Polsek Jajaran (25 Polsek) se Wonogiri. Dengan lomba pidato, Kapolres bisa mengukur dan mengetahui respon anggotanya. Hadiahnya berupa barang elektronik.

Hasil lomba adalah Juara I Imam Safei (Sektor Selogiri), Juara II Kasiman (Kismantoro), Juara III Ahmadi (Giritontro), Juara Harapan I Fajar Adi Pamungkas (Jatipurno), Juara Harapan II Andi Sulistyawan (Batuwarno) dan Juara Harapan III Didik Susilo (Wonogiri Kota). ([email protected])

error: Content is protected !!