Meski Banjir Telah Surut Warga Belum Tempati Rumahnya

1 57

infowonogiri.com-PRACIMANTORO-Banjir di Dusun Dusun Gunungan Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro hingga hari ini Senin (19/3) telah memasuki hari ke 15 hari(setengah bulan). Sebanyak sembilan Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya –dulu- terendam hingga kini belum menempati rumahnya.

Meski air telah surut, namun warga masih belum menempati rumahnya. Karena kondisi rumah masih kumuh. “Masih ada dua rumah juga yang bergeser dan nyaris roboh, dan itu perlu diperbaiki sebelum ditempati,” ujar Wardi warga setempat, Senin (19/3) kemarin.

Sementara tujuh rumah lain, juga belum ditempati karena pemiliknya masih membersihkan lumpur dan sampah di dalam rumahnya. “Besok (Selasa, red) ada rencana tujuh KK pindah dari pengungsian. Hari ini sudah memindahkan perabotannya dari pengungsian ke rumahnya,” katanya.

Wardi melaporkan, dua rumah yang bergeser dan nyaris roboh itu adalah rumah milik satu orang, yakni Wasidi. Sementara ke tujuh rumah yang bisa ditempati, namun belum ditempati, adalah rumah Kadus Gunungan Sutarto, Wasino, Panto, Marmo dan Sadimo.

Wardi juga melaporkan, dua Luweng (lubang vertikal) yakni Luweng Kidul Umah dan Luweng Wetan Umah sudah mulai tampak berlubang. Namun belum bisa berfungsi maksimal mengalirkan air banjir genangan. “Lubang luwengnya sudah kelihatan tapi belum kelihatan semua,” tambah Wardi.

Faktor genangan air banjir tersebut surut, Wardi berpendapat karena keberhasilan pemerintah membantu menguras air genangan menggunakan mesin pompa air. Faktor lainya karena dalam beberapa hari terakhir minim hujan. “Tadi hujan tapi tidak deras dan hanya sebentar,”.

Mesin pompa air sebanyak lima unit sebagian telah dikembalikan kepada Pemerintah yang dipinjami oleh BBWS (Balai Besar Wilayah Solo). Kini disana masih terdapat dua mesin pompa air, untuk berjaga-jaga jika kemungkinan hujan turun kembali. ([email protected])

error: Content is protected !!