Kembangkan Lumbung Hidup Keluarga

0 236

infowonogiri.com-WONOGIRI–Untuk menunjang upaya peningkatan ketahanan pangan keluarga dan implementasi program pemanfaatan lahan pekarangan, tahun ini dicanangkan program Gerakan Pengembangan Lumbung Hidup untuk Keluarga (GPLHK), Jumat (16/3) di Pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri.  

GPLHK dicanangkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Wonogiri Tabhita Danar Rahmanto (TDR). Diikuti oleh 250 kader PKK dari 25 Kecamatan se- Kabupaten Wonogiri.

DIigelar pula pelatihan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan penanaman hortikultura melalui teknik vertikultur, tabulapot, tabulakar dan teknik pembuatan kolam terpal serta pelatihan mengukir buah dan merangkai sayur (garnis).

Diharapkan melalui kegiatan GPLHK dapat menggerakkan pengembangan lumbung hidup keluarga. Tujuannya untuk meningkatkan cadangan dan ketahanan pangan keluarga. “Paling tidak untuk konsumsi keluarganya sendiri,” ungkap TDR.

Diharapkan lumbung pangan bisa untuk mencukupi ketersediaan bahan pangan keluarga, utamanya sayur-sayuran organik yang aman dan sehat untuk kebutuhan konsumsi keluarga. Sehingga bisa menghemat biaya pembelian konsumsi sayuran, menjamin kesehatan dan peningkatan gizi keluarga.

Sebelumnya, Kamis (15/3) lalu juga digelar lomba paduan suara antar TP PKK per Kecamatan di gedung Jetsky Waduk Gajah Mungkur. Lagu wajib adalah mars PKK dan lagu pilihan lagu daerah. TP PKK Baturetno menyabet juara I, disusul TP PKK Wonogiri sebagai juara ke-II, dan TP PKK Ngadirojo menjadi juara ke-III. ([email protected])

error: Content is protected !!