Bus Sumba Putra Terbakar Habis

0 232

infowonogiri.com-GIRIWOYO-Peritiwa kebakaran hebat dialami Bus PO Sumba Putra AD 1602 SG di Jl. Raya Giriwoyo Wonogiri – Donorojo Pacitan, Senin (19/3) sekitar pukul 09.00 WIB. Peristiwa itu terjadi persis di Hutan Randu Alas Dusun Sidorejo Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo.

Bus tersebut dikemudikan oleh Sali Ismanto (58) waga Desa Randusari RT RT 04 RW 04 Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo. Saat itu Sali meluncur dari Baturetno menuju ke Punung Pacitan, dengan tujuan akan mengambil penumpang tujuan Jakarta.

Namun nahas, belum sampai tujuan bus tersebut terbakar mendadak. Diduga penyebab kebakaran akibat konsleting AC dan karena ada bahan bakar (solar) dari tangki bus yang tumpah. Kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp.350 juta.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Sali Ismanto berhasil menyelamatkan diri, setelah mendengar letusan dan melihat kepulan asap dari kabin bagian belakang bus. Dalam bus tersebut juga tidak ada penumpang maupun awak (crew) bus.

Saksi dalam peristiwa tersebut adalah Sumiyati (40) dan Yanto (50) keduanya warga Klumpit RT 02 RW 01 Desa Guwotirto. Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK melalui Kasatlantas AKP Joeharno menyatakan peristiwa kebakaran itu sudah ditanganinya.

Kronologisnya supir bus mendengar suara ledakan. Supir bus turun lalu menengok ke kanan dan kiri armadanya. Ternyata terlihat ada kepulan asap tebal. Lalu supir tersebut memeriksa ternyata ada kebocoran pada pipa AC.

Sementara dugaan lain, bahan bakar di dalam tangki bus penuh, diperkirakan tumpah dan menyiram mesin lalu menimbulkan api. Api kemudian merambat ke seluruh kabin bus. Supir bus tersebut panik karena tidak ada alat pemadam kebakaran.

Seluruh kabin bus tersebut terbakar habis hanya tersisa rangka armadanya. Sebab upaya memadamkan api sama sekali tidak berhasil, karena hanya menggunakan alat seadanya, tanpa alat pemadam kebakaran khusus.

“Ini bukan lakalantas. Ini murni kejadian kebakaran yang menimpa kendaraan Bus Sumba Putra. Bus tersebut mau langsir (ambil penumpang) ke Punung lalu dibawa ke Baturetno,” ujar Kanit Laka Iptu Jumari, S.H didampingi Kasubag Humas AKP Supriyadi. ([email protected])

error: Content is protected !!