Budidaya Tawon Madu Di Wonogiri

0 305

infowonogiri.com-WONOGIRI-Di Dusun Kajar, Desa Pokoh Kidul Kecamatan/Kabupaten Wonogiri ada lahan budi daya tawon madu Australia. Adalah Parjianto (32) seorang pria asal Kabupaten Karanganyar yang memiliki usaha budidaya madu di daerah tersebut.

 Ia memiliki 70 kotak terbuat dari papan. Kotak tersebut digunakan untuk bersarang tawon madu Australia. Setiap kotak dapat berisi sembilan sisir (lapisan sarang). Sarang tawon tersebut dapat dipanen enam bulan sekali. Dari 70 kotak dapat menghasilkan 400 kilo madu.
Untuk memertahankan kuwalitas tawon, parjianto setiap tiga kali sehari tawonya diobati menggunakan lotras. Tujuanya agar menghilangkan kutu (penyakit) pada tawon. Jika tidak dibersihkan mengakibatkan tawon tidak menghasilkan madu, bahkan mati.
Khasiat Madu Tawon Australia, seperti pada umumnya madu, disebut-sebut sebagai obat paling mujarab dari segala macam obat. Manfaat dan khasiat Madu Australi adalah sebagai obat dari segala macam penyakit. Royal jely, sebagai penambah stamina, campuran bahan pembuat make up dan larvanya bisa dimasak untuk lauk pauk.
Dari jenisnya, madu dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Yaitu madu randu, madu klengkeng, madu rambutan, madu sono dan juga madu karet. Harga madu randu Rp.60.000, madu klengkeng Rp.75.000, madu rambutan Rp.55.000, madu sono Rp.55.000, dan madu karet Rp.50.000 untuk setiap botolnya. ([email protected])
error: Content is protected !!