Balita Multi Kelainan Lolos Perhatian Pemerintah

0 84

infowonogiri.com-WONOGIRI-Anak di Bawah Lima Tahun (Balita) bernama Nazwa Laila Zakiya sepintas (3th) sama seperti anak-anak seusianya. Anak perempuan itu, juga sama memiliki dua tangan, dua kaki, namun Nazwa tidak atau belum bisa berjalan, bahkan tubuhnya lemas.

Nazwa juga mempunyai dua mata, dua telinga dan satu mulut. Tetapi dia belum bisa melihat, belum bisa berbicara, juga tidak bisa mendengar dan tidak bisa berjalan. Sepintas Nazwa normal, namun ternyata abnormal. Itulah bedanya Nazwa dengan anak-anak yang lain seusianya.

Hasil diagnosa sementara, Nazwa menderita kelainan lemah jantung dan gizi buruk sejak umur 4 bulan, katarak (tidak bisa melihat), tuli (tidak bisa mendengar). Nazwa kini tinggal di sebuah rumah buyutnya di Dusun Gondang Wetan RT 01 RW 03 Desa Purwosari Wonogiri Kota.

Ayahnya bernama Nazarudin 40 petani tidak punya tanah. Ibunya bernama Yuliana 35 ibu rumah tangga. Kepala Desa Purwosari, Kadris mengemukakan orang tuanya pernah mengobatkan anaknya ke RS Moewardi, namun terbentur biaya mahal sehingga tidak pernah diobatkan lagi. Disisi lain, keluarga Nazarudin tidak tercatat sebagai peserta Jamkesda.

“Akhir-akhir ini tubuhnya sering dingin lalu kejang. Dia ingin mengobatkan anaknya, tetapi terkendala biaya,” ujar Kadris didampingi perangkatnya dan bidan desa setempat Suwarti. Secara medis, menurut Kadris, sakit yang diderita Nazwa bisa sembuh, dengan cara operasi.

Karena terkendala dana, orang tua dan keluarganya menunggu pihak lain. Selasa (20/3) Komunitas Relawan Wonogiri dan Sedekah Rombongan berinisiatif membuka rekening di BRI Unit Wonogiri nomor 0158-01-026026-50-6 atas nama Nazarudin c/q Nazwa Laila Zakiya. Tabungan awal Rp.2.250.000,-  dari dua komunitas tersebut.

Harapannya ada donator lain yang peduli. Rencananya relawan akan menggelar kegiatan kemanusiaan untuk Nazwa di Plasa WGM, dan tempat lain. Rencananya dalam waktu dekat ini Nazwa akan dikirim ke RS Sardjito atau ke RS YAP Jogjakarta. ([email protected])

error: Content is protected !!