Balai Besar Wilayah Sungai Solo Turun Menangani Banjir

0 23

infowonogiri.com-PRACIMANTORO-Upaya menguras genangan banjir di Dusun Gunungan Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro mulai membuahkan hasil. Meski baru dilakukan beberapa jam, namun hasilnya sudah mulai tampak surut, hampir separuh genangan.

Alat yang digunakan untuk menguras adalah mesin pompa air sebanyak tiga unit yang didatangkan dari Balai Besar Wilayah Sungai Solo (BBWS) Kantor Solo. Mesin pompa (penyedot) air itu mulai dioperasionalkan pada Minggu (11/3) siang.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Wonogiri, Gatot Gunawan melaporkan, penyedotan mulai dilakukan pada pukul 13.00. Awalnya ketinggian air mencapai 2,3 cm. Satu jam yaitu pada pukul 14.25 telah berkurang menjadi kemudian 2.0 cm.

Pada pukul 15.00 pompa yang besar digeser ke tengah genangan. Namun pada hari itu turun hujan, sehingga ketinggian mencapai 2,8 cm. Upaya penyedotan akan terus dilakukan, pada hari kemudian. Harapannya wilayah setempat tidak turun hujan, sehingga genangan terkuras habis.

Seperti diberitakan, di Dusun Gunungan Desa Wonodari terjadi banjir, 14 rumah tergenang. Penyebab banjir diduga disebabkan karena dua luweng (lubang vertikal di kawasan pegunungan) tersumbat damen dan lumpur.

Sehingga air hujan mengendap di cekungan, faktor lain diduga sungai bawah tanah meluap. Banjir tersebut terjadi sejak Minggu sepakan yang lalu. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun demikian sebanyak 32 KK mengungsi karena terancam genangan banjir. ([email protected])

error: Content is protected !!