Wooow Lumpia Durian Segar Puhpelem

3 225

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ini salah satu kuliner baru yang ada di Wonogiri. Nama panganan ini adalah Lumpia Durian Segar. Loh! Jangan terkejut dulu. Memang lumpia, nama penganan lama yang sudah tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia.
Namun beda halnya dengan lumpia  asal Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Mau tahu, ini yang membuat beda Lumpia Puhpelem dengan Lumpia di tempat lain.
Lumpia puhpelem kulit luar (disebut lumpianya, yang hampir sama dengan lumpia lain) adalah terbuat dari bahan baku Wonocaf (Wonogiri Casafa), atau sejenis tepung yang terbuat dari sari bahan baku singkong yang telah difermentasi.

Sedangkan lumpia yang biasa saudara makan patut diduga terbuat dari tepung terigu! Iya kan? (Ngaku saja lah!) Nah apa lagi yang beda? Ini, bedanya lagi yang super beda. Kalau di tempat lain lumpia berisi sayur oseng atau sayur bumbu rujak, yang ini bukan.

Lumpia asal Kecamatan Puhpelem Wonogiri isinya durian segar. Asli segar. Mau tahu caranya memasak. Tanya saja sama orang Puhpelem. Inilah Tri Wahyuni perwakilan PKK Kecamatan Puhpelem.

Lumpia Durian Segar terbuat dari bahan baku durian segar dan wonocafe (asal kata monocafe). Cara siapkan bahannya yaitu tepung wonocafe, santan, garam, telur untuk membuat kulit lumpia.

Lalu untuk isinya siapkan durian segar. Durian segar harus dipilih yang pulen dan padat, (jangan sama ponggenya yah). Setelah durian segar siap secukupnya, bungkus durian ke dalam lumpia, lalu digoreng pada minyak yang telah mendidih. Mau tau rasanya??  Beli dooong..!! , (bisa juga loh pesen ke www.infowonogiri.com)

Itulah resep dari Tri Wahyuni peserta Lomba Mengolah Makanan Kudapan berbahan Wonocaf di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (31/1/12), dengan peserta dari perwakilan PKK 25 Kecamatan se-Wonogiri. Hasil pemenang lomba belum diketahui. ([email protected])

error: Content is protected !!