Tahukah Anda Ternyata Lele Berpenyakit Jamuran?

0 94

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tidak hanya kulit manusia yang diserang jamur. Ternyata ikan lele dumbo juga rawan terkena penyakit jamur. Seperti lele yang diternak oleh petani di wilayah Kecamatan Selogiri.

“Penyakit yang menyerang ikan lele, jenis jamur. Kalau tidak ditangani cepat sekali menyebar ke yang lainnya. Kalau tahu ada yang terkena jamur harus segera diobati,’’ kata Masmin (67) peternak lele yang memiliki sembilan kolam Dusun Nglaroh Desa Pule, Selogiri.

Akibat diserang jamur, petani tidak dapat memanen ikan lele secara maksimal, karena sebagian lele mati diserang jamur. Kerugiannya mencapai jutaan rupiah karena lele yang mati mencapai 30 persen.

Cara mengatasinya, jika lelenya diketahui ada yang terserang jamur, maka segera ditaburi obat tetrasilin pada kolam ikannya. “Perkolam saya isi 3.000 hingga 4.000 ekor. Kalau tidak diobati, cepat menular ke yang lainnya,’’ ungkapnya.

Kasus lele jamuran itu belum pernah dilaporkan Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Nakperla) Kabupaten Wonogiri. “Kalau bisa diatasi sendiri, petani gak laporan. Tapi kalau tidak bisa mengatasi dan ruginya banyak, baru laporan,” ujar staf di UPT Nakperla Kecamatan Selogiri tanpa mau disebutkan namanya. ([email protected]).

error: Content is protected !!