Musim Penghujan Ulat Jeruk Bermunculan

0 44

infowonogiri.com-WONOGIRI-Di musim penghujan dan musim seperti sekarang ini, banyak bermunculan ulat jeruk atau ulat serit. Ulat jeruk ini, menjadi hama bagi petani jeruk. Pasalnya ulat berwarna hijau daun ini kebiasannya memakan daun jeruk muda yang tumbuh di ujung ranting.

“Resikonya, pohon atau rantingnya tidak mau berbunga, kalau tidak mau berbunga maka tidak akan muncul buah,” ujar Supardi petani warga Dusun Seneng Kelurahan Wonokerto Wonogiri. Ulat jenis ini, jumlahnya memang tidak banyak. Dalam setiap pohon hanya ada dua atau tiga ekor.

Meski hanya tiga ekor ulat, jika dibiarkan mampu memakan seluruh daun yang berpotensi berbunga. Cara membasminya hanya dengan cara membasmi ulat tersebut. Cara membasminya yang teraman adalah membuang ulat dari tangkai atau dimatikan.

Meski dibuang ulat lain akan muncul lagi. Sehingga petani harus rajin membuangnya. Kalau tidak jeli, sering kali pertani terkecoh dengan ulat tersebut. Sebab warna tubuh ulat tersebut menerupai warna daun jeruk. ([email protected])

error: Content is protected !!