Muncul Ikan Patin Sebesar Perahu DI WGM

0 1.907

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sekitar 187 dari 400 anggota nelayan Mina Tirta Mulya (MTM) Waduk Gajah Mungkur berencana akan menebar benih ikan patin (jambal) di perairan WGM Wonogiri Kamis mendatang. Jumlah benih ikan Patin yang ditebar ada sebanyak 185 ribu ekor. Tebar benih ikan tersebut sebagai bukti kecintaan MTM terhadap kelestarian WGM.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua MTM H. Panut Boma Sunardjo didampingi pengurus MTM, Budi Hardono, Bondan dan Ahmad Soim, di sekretariat MTM, Sendang Wonogiri, Senin (20/2) sore. “Agar kedepan patin tidak habis, kami akan tebar 185 ribu ekor patin, agar keseimbangan dan kelestarian WGM terjaga,” ujar Bomo panggilan H Panut.

Sebelum tebar benih ikan dilaksanakan, Rabu (23/2) malam, akan digelar pembacaan Al Quran Surat Yasin dan doa di komplek Karamba WGM. Dilanjutkan doa bersama. Inti doa adalah permohonan maaf nelayan karena kurang mensyukuri nikmat Allah SWT, dan permohonan maaf atas kesalahannya selama ini.

Kedepan nelayan berharap tetap diberikan keselamatan dan keberkahan dalam mengelola WGM. Dibeberkan, latar belakang tebar benih ikan ini berawal akhir-akhir ini nelayan merasa resah. Keresahan bermula dengan munculnya ikan patin raksasa sebesar perahu nelayan di perairan WGM sekitar awal Januari lalu.

Selain itu, para nelayan banyak yang sering bermimpi buruk terkait ikan patin dan kelestarian WGM. Namun anehnya, sebelum kemunculan ikan patin raksasa, petani nelayan pernah beberapa kali melihat cahaya (pulung) merah di tengah perairan WGM. Sejak saat itu, para nelayan panen ikan patin sangat melimpah.

Dalam sehari, ikan patin yang tertangkap bisa mencapai takaran ton. Namun secara perlahan-lahan, sampai akhir-akhir ini jumlah tangkapan ikan patin terus menurun. Tengara itu dikhawatirkan ikan patin akan habis. Karena itu kemudian para nelayan sepakat patungan untuk membeli benih ikan patin untuk ditebarkan.

Di Wonogiri ikan Patin dinamai ikan Jambal, sedangkan dalam istilah asing disebut Pangasius. Sedangkan ikan Patin adalah istilah Indonesia, Patin awalnya dari Kalimantan dan wilayah Sumatra Selatan. Di Indonesia ikan Patin hanya cocok dan berkembang di perairan WGM dan di Sumatera Selatan.

Saat ini, harga ikan Patin dari Nelayan dijual Rp.7.000,-/kg, di pasaran Rp.10.000,-/kg. Kedepan, MTM akan mengatur penangkapan ikan patin. Jumlah anggota MTM terdaftar ada 440 nelayan, yang tercatat ada 770 nelayan. Diperkirakan jumlah nelayan diluar anggota mencapai ribuan yang datang dari luar kota. ([email protected])

error: Content is protected !!