Kerjasama Satpol PP Karisma Pawirogo Berantas Narkoba

1 46

infowonogiri.com-WONOGIRI- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di tujuh Kabupaten yang terjalin dalam “Karisma Pawirogo” berkerja sama akan memberantas Narkoba. Karisma Pawirogo (Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo).

Kabag Kerja Sama Setda Wonogiri, Teguh Setiyono baru-baru ini, menjelaskan kerja sama itu selain memberantas narkoba, juga patroli bersama dan penegakan Perda minuman keras (miras).  “Perjanjian kerja sama Karisma Pawirogo akan ditandatangani di Ngawi, 19 Maret mendatang,” katanya.

Menurut Teguh kerja sama itu penting karena ketujuh Kabupaten tersebut berada di perbatasan provinsi Jateng-Jatim. Tujuannya agar tidak terjadi masalah yang melibatkan lintas kabupaten.

“Contohnya perijinan peredaran pupuk atau peredaran miras. Terkadang, razia PGOT (pengemis gelandangan dan orang terlantar) dibuang ke perbatasan. Untuk mengatasi permasalahan lintas kabupaten itu, diperlukan kerja sama. Jangan sampai persoalan itu terjadi,” terangnya.

Karena itu Satpol PP Karisma Pawirogo sepakat membentuk forum. Rakor Karisma Pawirogo akan digelar setiap tiga bulan sekali. Tujuannya agar koordinasi antarkabupaten mantap. Setelah kerja sama ditandatangani akan ditindaklanjuti dengan menyusun Standar Operasi dan Prosedur (SOP).

Kerja sama Karisma Pawirogo yang telah dijalin adalah bidang pariwisata, penanaman modal, dan kesehatan. Sedangkan yang belum terjalin antara lain bidang sosial, pemadam kebakaran, dan pendidikan. ([email protected])

error: Content is protected !!