Kedua Mata Annisa Harus Diambil

0 152

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ternyata Annisa Azzahra (2,5th) penderita tumor mata pernah dirawat di RSU Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri. Dari RSU SMS dirujuk ke RSU Moewardi Surakarta sebelum akhirnya dirujuk ke Sardjito Jogjakarta. Rencananya Annisa akan menjalani operasi mata di RS Pusat Mata dr Yap Hong Tjung Kota Jogjakarta.

Berikut wawancara dengan dokter Heru Wibowo Spm dan dr Arifah Puji asttuti Spm, Rabu (28/2) di ruang Poli Mata RSUD Wonogiri, tentang tumor mata. Tumor mata Annisa belum diketahui jenisnya. Tumor mata banyak jenisnya. Untuk mengidentifikasi harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh, pemeriksaan laboratorium mata, sity scan dan baru dilakukan keputusan koopersif.

Secara umum tumor mata sama dengan tumor bola mata. Istilah kedokteran disebut suspeck retinoblastoma. Pasca operasi perlu dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi (PA), baru kemudian diketahui jenis tumor matanya. Penyebabnya bisa dipengaruhi faktor turunan (genetik), faktor lingkungan, dan pertumbuhan bayi sejak dalam kandungan.

Faktor genetik bisa dari garis keturunan, kedua orang tua, kakek-nenek dan saudara. Semasa kehamilan bisa disebabkan faktor nutrisi, mungkin juga karena saat kehamilan terjadi inveksi, juga bisa karna bakat, dan dipengaruhi faktor yang lain. Virus tumor mata juga belum diketahui namanya. Jika disebabkan karena genetik sulit diteliti.

Gejala awal tumor mata, biasanya di bagian manik mata muncul warna putih berkulit, seperti mata kucing, kemudian bola mata mengalami pembesaran, lalu masuk ke jaringan bola mata, jika tidak segera ditangani secara medis menonjol keluar. Resikonya penyebaran ke otak. Kalau ssudah ke otak maka akan ada masalah lanjutan. Yaitu gangguan saraf, kejang, sampai kehilangan kesadarahan, stadium ektra okuler.

Soal kesembuhan. Kesembuhan hanyalah milik Allah. Manusia hanya berusaha. Namun, resiko terberat mata tidak bisa melihat lagi. Kalau tumor mata Intra Okuler maka harus diambil bola matanya. Sedangkan jika Ekstra Okuler maka harus diambil keseluruhan.

Soal donor mata?. Donor mata sesungguhnya hanya dilakukan pada kornea matanya saja. Donor mata bisa diambilkan dari mata orang yang baru meninggal. Donor mata sudah tidak bisa menyembuhkan. Resiko kematian bisa saja terjadi, akan tetapi tergantung penyebaran dan tingkat keganasan tumor mata tersebut.

Annisa Azzahra (2,5th) adalah warga Dusun Bledu RT 1 RW 13, Desa Wonoharjo, Wonogiri. Dia dirawat di gedung Esella Kartika II kamar 9 RS Sardjito DI Yogyakarta, ditangani oleh lima dokter sepesialis mata, untuk pemulihan dan persiapan operasi mata, di RS dr Yap Hong Tjung Kota Jogjakarta.

Setelah diberitakan media masa, Komunitas Ternak Teri Cetho (KTTC) Wonogiri membuka Dompet Peduli a/n Annisa Azzahra Cq Parayitno di BRI Wonogiri Rekening 0158-01-025818-50-2. Saldo awal Jumat (24/2) lalu Rp.1.220.000,-. Kini telah terkumpul sekitar Rp.23 Juta. Annisa kini terus menunggu uluran dermawan. ([email protected])

error: Content is protected !!