Inilah Surat Sakti Yang Menyelamatkan Terpidana Korupsi Ubi Sambung

0 149

infowonogiri.com-WONOGIRI-Inilah surat sakti yang diterbitkan RSUD Soediran Mangun Soemarso (SMS) Wonogiri dan ditandangani oleh dokter sepesialis ke-jiwa-an dr Romy Novrizal Sp.K.J, M.Kes. Dengan surat tersebut Dwi Retnaningsi masih bisa bernafas lega, tidak dieskusi oleh Kejaksaan Negeri Wonogiri ke Rutan Kelar II B Wonogiri.
Dwi Retnaningsih adalah salah satu pegawa negeri sipil (PNS) dari tujuh PNS terpidana kasus korupsi proyek pengadaan ubi sambung di Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pertanian Pangan dan Holtikultura (DPPH) Kabupaten Wonogiri tahun 2008 senilai sekitar Rp.1,5 Milyar. Tujuh terpidana lain sudah diekskusi terlebih dahulu pada 26 Januari silam ke Rutan Wonogiri.
Berikut nama nama ketujuh PNS dimaksud; Dwi Retnaningsih, Marjuki STP, Ir Tabri Haryanto MMA, Heruning Sedyoko SE MM, Ir Syamsu Jaman, Gimin SIP, dan Suampera. Kajari Wonogiri Sukaryo SH.MH mengemukakan, bawha mereka wajib menjalani kurang lebih selama 11 bulan di dalam Rutan Wonogiri.

Sebab sebelumnya, mereka telah menjalani tahanan kota selama 178 hari. Menurut hitungannya 178 hari tahanan kota sama dengan 35 hari tahanan di dalam penjara lebih tiga hari tahanan kota atau tahanan diluar penjara. “Lima hari tahanan kota sama dengan satu hari tahanan di dalam penjara,” jelas Sukaryo didampingi tambah Sri Murni SH Kasubagbin.

Perlu diketahui mereka ditahan karena Mahkamah Agung (MA) memenangkan kasasi yang Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Wonogiri atas putusan bebas dalam sidang banding terdakwa di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

Mereka terbukti melanggar pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang dirubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi Junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang korupsi bersama sama pada proyek DAK ubi sambung di Kantor DPPH senilai Rp.1,4 Milyar tahun 2008. ([email protected])

error: Content is protected !!