Barongsai ramaikan Tahun Baru Imlek 2012 di wonogiri

0 49

infowonogiri.com-WONOGIRI-Imlek tak ubahnya seperti tahun baru masehi atau tahun baru Hijriah bagi umat islam. Imlek adalah Tahun Baru Cina. Pada umumnya, yang banyak merayakan Imlek adalah warga Tiongha. Namun bagi umat lain yang beraliran sama juga bisa merayakan Hari Raya Imlek.

Asal-usul Imlek berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum, kalau dalam bahasa Cina disebut dengan Chung Ciea yang berarti Hari Raya Musim Semi. Hari Raya ini jatuh pada bulan Februari.

Kegembiraan itu tergambar jelas dari sikap masyarakat yang saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai, kepada keluarga, kerabat, teman dan tetangga yang seiman. Gong Xi Fa Cai artinya ucapan selamat dan semoga banyak rezeki.

Adat ini kemudian di bawa oleh masyarakat Tiongha ke manapun dia merantau, termasuk ke Indonesia. Tidak sangka juga hingga Wonogiri, seperti warga Solo yang datang ke Wonogiri merayakan dan menghibur warga Wonogiri dengan tarian Barongsai.Salah satunya dari Group Barongsai Karunia Maha Kuasa Solo.

Imlek yang ke 2563 Barongsai “Karunia Maha Kuasa” ini tampil di sepanjang jalan jend. Sudirman dan yang utama ditempat keramaian seperti pasar dan depan swalayan. ([email protected])

error: Content is protected !!