Wonogiri Pecahkan Rekor MURI Tanam 10.000 Pohon

1 78

infowonogiri.com-BATUWARNO-Kabupaten Wonogiri menjadi lokasi pemecahan Rekor MURI Penanaman 10.000 pohon dengan titik ordinat GPS terbanyak di wilayah Gunung Simbar, Dusun Galih Desa Tegiri Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri.

Penghargaan MURI ini diberikan kepada LSM Protonema selaku pelaksana dan PT Indonesia Eksport selaku sponsor juga kepada Hans Peter Beuten Muller selaku pemrakarsa, Senin (27/1) di Dusun Galih Desa Tegiri Batuwarno, Wonogiri disaksikan oleh pejabat Muspida, anggota dewan dan pimpinan SKPD se Wonogiri.

Direktur PT Indonesia Eksport, Joni menyampaikan bahwa Kabupaten Wonogiri merupakan Kabupaten yang mendapatkan bantuan bibit terbanyak yaitu sejumlah 220 ribu bibit tanaman se eks-Karisidenan Surakarta.

Sementara menurut pimpinan LSM Protonema, Mulyono menyampaikan bahwa penanaman pohon ini telah dilakukan melalui survey 10 tahun yang lalu yang menjadikan lokasi Gunung Simbar sebagai prioritas utama. “Kami khawatir 10 tahun ke depan suplay air di wilayah ini akan habis karena banyak bukit yang gundul” katanya.

Lebih lanjut Mulyono mengatakan bahwa system penanaman 10.000 pohon ini dilakukan dengan menggunakan system mixed forest yang berarti hutan campuran terdiri dari berbagai jenis tanaman antara lain tanaman buah, tanaman jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Dimaksudkan agar masyarakat dapat merasakan hasilnya secara continue “Tanaman jangka pendek bisa dinikmati 5 tahun ke depan. Jangka menengah bisa dinikmati 10 tahun ke depan. Setiap pohon memiliki titik ordinat masing-masing yang akan dipantau setiap 3 bulan sekali. Jika mati akan diganti dengan tanaman baru dari jenis yang sama” terangnya.

Mulyono optimis bahwa dengan system ordinat ini maka tanaman 10.000 pohon akan tumbuh 10.000 pohon pula dimana pemantauan tanaman akan dilaksanakan secara kontunie selama 3 tahun ke depan.

Bupati  Danar Rahmanto memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, dan memberikan kesempatan bagi PT Indonesia Eksport untuk menanamkan investasi di Kabupaten Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!