Turbin Pintu Air WGM Mulai Terasa Bergetar !!!

0 38

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ini peringatan bagi masyarakat Wonogiri dan terutama bagi pengelola Bendungan Serbaguna Wadug Gajah Mungkur Wonogiri, dalam hal ini Perum Jasa Tirta II (PJT) Wonogiri.  

Akhir akhir ini volume air yang ada di Bendungan Serbaguna WGM mulai hampir penuh, menyusul musim hujan yang datang terus menerus mengguyur Wonogiri. Dengan demikian praktis volume air WGM terus mengalami peningkatan.

Belakangan ini, turbin pintu air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bergetar keras. Penyebabnya turbin pintu air tersumbat sampah yang menumpuk di sekitar pintu air. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, PJT II menerjunkan penyelam untuk membersihkan sampah di dasar sekitar turbin pintu air.

Tidak tanggung tanggung, jumlah penyelam yang diterjunkan mencapai 10 orang. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) PJT I Bengawan Solo, Winarno Susiladi, kemarin.

“Ini penyelam khusus yang kita punya untuk membersihkan sampah yang menutup turbin pintu air. Hari ini hari kedua penyelaman. Jumlahnya 10 orang temasuk koordinator dan regu penyelam,” katanya.

Saat ini, tinggi permukaan air (elevasi) WGM telah mencapai 133 meter dari permukaan laut (dpl). Sedangkan batas elevasinya maksimal adalah 134 meter dpl. Diprediksi ketinggian muka air akan terus meningkat, dan sampahnya kian banyak menumpuk di Turbin.

Penyelaman dilakukan minimal selama sepekan, setiap hari bekerja mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Penyelaman setahun sekali saat musim penghujan. Tujuannya agar intake PLTA WGM benar benar bersih dari sumbatan sampah.

Asal tahu sampah penyumbat pintu air hanya bisa dibersihkan dengan penyelaman. Alat apapun tidak bisa menjangkau dasar bendungan sedalam 13 meter itu. Karena pintu air tersumbat mengakibatkan turbin PLTA  bergetar.

Sampah-sampah yang menyumbat pintu air terdiri dari tanaman hutan yang terbawa banjir air sungai, sampah pasar dan rumah tangga seperti plastik, dedaunan bahkan bantal dan kasur. Jika ada sedimen penyumbat keras maka dihancurkan dengan pompa hidran. ([email protected])

error: Content is protected !!