Ribuan Ayam Mati Tertimpa Kandang

0 45

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ribuan ayam potong milik Gunawan mati akibat tertimpa kandang. Kandangnya roboh disebabkan tertimpa pohon jati yang tumbang karena tertiup angin kencang. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 13.00 Rabu (25/1/12) siang, di Dusun Lalung Kidul, Desa Mlokomanis Wetan, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Kepala Desa Mlokomanis Wetan, Edi Tawanto mengungkapkan, angin ribut menerjang desanya sekitar pukul 13.00 kemarin. Sebuah pohon jati di Dusun Lalung Kidul roboh dan menimpa peternakan ayam milik Gunawan. Pohon jati berukuran diameter satu meter dan tinggi 15 meter dimungkinkan karena lapuk. “Mungkin akarnya sudah lapuk karena dipupuk kotoran ayam,” terangnya.

Kandang ayam tersebut roboh rata rata tanah. Kandang yang tertimpa berkapasitas 4.000 ekor ayam. Akibat bencana itu Gunawan merugi sekitar Rp.125 jutaan. Jumlah ayam yang mati saja mencapai 1000 lebih. Biaya pembuatan kandang ditakasir mencapai Rp.100 juta. Itu belum termasuk biaya perawatan dan pakan ayam selama usia 27 hari.

Bencana alam siang kemarin, juga mengakibatkan banyak pepohonan bertumbangan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Menurutnya, akhir akhir ini sering terjadi angin ribut disertai hujan. Biasanya terjadi saat musim hujan yang berselang dengan cuaca panas beberapa hari. Angin datang dari arah utara ke selatan. ([email protected])

error: Content is protected !!