Musim Penghujan TK Sendang 03 Terancam Longsor

0 78

infowonogiri.com-WONOGIRI-Di musim penghujan ini, bangunan gedung TK Sendang 03 di Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri dikhawatirkan terancam ambrol. Sebab tebing di sisi selatannya sebagian sudah longsor. Tebing tersebut telah beberapa kali longsor. Kali terakhir longsor pada November lalu.

Guru TK Sendang 03, Sri Rahayu  mengaku khawatir apabila tembok TK itu ikut roboh. Pasalnya tebing yang lonsor sudah mepet dengan tembok TK. Beberapa bidang tembok juga sudah tampak retak. Lantai teras juga terlihat mulai ambles.  Longsor juga mengancam septiktank dan kamar mandi di TK.
“Kalau hujan terus, airnya bisa menggerus bangunan. Padahal baru dibangun 2010 lalu dari DAD (Dana Alokasi Desa). TK ini memiliki 26 siswa,” ujarnya. Pihaknya berharap mendapat bantuan dari dermawan atau pemerintah untuk memperbaikinya.

Sukini, warga setempat, menambahkan, TK tersebut merupakan satu-satunya sekolah TK untuk anak-anak penduduk di enam dusun di Desa Sendang. Yakni Dusun Legong, Jajar, Koloteko, Gondanglegi, Selopukang, dan Cakaran. “ Semua anak dari dusun itu sekolah di sini. Kalau TK itu tidak ada, mereka harus turun jauh ke TK lain,” ujarnya.

Selain itu, tebing yang longsor itu juga mengancam SDN Selopukang di dekatnya. Bahkan, talut penahan di halaman SD telah ambrol hingga dua kali. Kini, tebing yang longsor hanya berjarak kurang lima meter dari tembok sekolah. Gudang tempat memasak dan ruang kelas 2 di sekolah tersebut juga terancam longsor.

Christiana, guru SD tersebut, mengemukakan, talut yang ada di halaman SD ambrol karena tidak kuat menahan derasnya air hujan, meskipun telah dibuat saluran air pada talut tersebut. Pihak sekolah telah melaporkannya ke pemerintah desa, kecamatan, dan Dinas pendidikan. Harapannya tebing yang longsor segera diperbaiki. Sebab perkiraannya jika tidak segera diperbaiki tanahnya semakin habis. Apalagi saat ini musim penghujan. ([email protected])

error: Content is protected !!