Menteri Pertanian Hadiri Lomba Pedhet Di Plasa WGM

0 32

infowonogiri.com-WONOGIRI-Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) H Suswono, M.M.A. dan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo direncankan akan menghadiri acara Lomba Pedet di Desa Pokoh Kidul Wadug Gajah Mungkur Wonogiri, Selasa (3/1/12) hari ini.

Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Nakperla) Kabupaten Ir. Rully Retno Pramono melalui Kepala Bidang Peternakan Ir. Gatot Siswoyo, dan Kepala Bidang Kesehatan Hewan drh. Ismayati, M.M. Senin (2/1/12) di sekitar Patung Bedol Desa WGM.Dijelaskan, Gatot, Dinas NAKPERLA Wonogiri akan menyelenggarakan acara panen pedhet hasil IB (Inseminasi Buatan) yang berjumlah 400 ekor sapi. Rincian 150 ekor sapi hasil sinkro, 150 ekor sapi hasil induk dan 100 ekor sapi yang sudah lepas sapih dan siap jual.
Panen Pedet Hasil Inseminasi Buatan (IB) Berkualitas Modal Utama Tercapainya Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) 2014.
Lomba pedhet hasil IB adalah para anaggota kelompok tani dan pelaku usaha. Selain itu akan diadakan transaksi jual beli ternak oleh APINDO dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual sapi. Usai kegiatan lomba sapi, Menteri Pertnian juga akan mengunjungi kelompok petani ternak “Wijaya Makmur” di Dusun Tegar Desa Gebang Kecamatan Nguntoronadi.Pasalnya kelompok petani ternak tersebut bisa maju berkembang dengan memanfaatkan limbah brem (makanan khas Nguntoronadi Wonogiri) sebagai makanan ternak sapi piarannya. Harapannya, kelompok petani ternak “Wijaya Makmur” bisa menjadi percontohan petani lainnya.
Direncanakan acara dimulai sejak pukul 09.00. Menteri pertanian direncanakan akan berangkat dari Hotel Puri Kamulyan Surakarta. Beliau bersama rombongan akan tiba di pendopo Kabupaten sekira pukul 08.00 dan disambut Bupati H Danar Rahmanto bersama pejabat Dinas terkait.
Untuk memeriahkan acara tersebut, panitia telah menyiapkan kelompok seni budaya Wonogiri yang akan mementaskan tarian “Kethek Ogleng. Acara ini juga disiarkan langsung oleh Radio Hiburan Masyarakat (RHM) 89.8 FM, Radio Budaya Wonogiri, Radio On Line  WWW.RHM.FM.COM dan didukung penuh oleh Portal Berita Wonogiri WWW.infowonogiri.com.
Berdasarkan informasiyang diperoleh infowonogiri.com, acara tersebut sempat tertunda, sedianya digelar pada 21 Desember 2011 lalu, karena kesibukan Menteri Pertanian tertunda sampai hari ini. Pantauan infowonogiri.com., panitia telah menyiapkan acara ini matang.
Sapi-sapi yang akan dilombakan telah dihadirkan peserta, sejak kemarin. Kandang dan pakan sapi juga telah disediakan, juga keamanannya. Demikian pula, panggung kehormatan dan tamu undangan sudah disiapkan.
Sekedar catatan; H. Suswono lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 20 April 1959; (52 tahun). Suswono adalah kader PKS yang menjabat Menteri Pertanian Indonesia sejak 22 Oktober 2009. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI untuk periode 2004-2009.Suswono menjadi anggota DPR-RI melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Brebes) dan dipercaya membidangi Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan di Komisi IV. ([email protected])

infowonogiri.com.

error: Content is protected !!