Krowotan makanan suguhan khas masyarakat Wonogiri

0 143
infowonogiri.com-WONOGIRI-Salah satu wisata kuliner yang ada di Kabupaten Wonogiri adalah panganan krowotan polokependem. Krowotan polo kependem sering disuguhkan pada kegiatan social kemasyarakatan yang ada di Wonogiri.

Misalnya acara bersih dusun, kerja bhakti, tirakatan hari ulang tahun Kabupaten Wonogiri. Bahkan tak jarang disuguhkan pada acara kegiatan kantor instansi pemerintah daerah Kabupaten. Makanan ini sangat popular ketika Kota Gaplek dipimpin oleh Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi.

Begug terpilih menjadi Bupati Wonogiri pada tahun 1999 dengan didampingi oleh Wakil Bupati dr Y Sumarmo. Konon, terpilihnya Bupati Wonogiri karena yang besangkutan tirakat (prihatin) dengan melaksanakan puasa ngrowot.

Puasa ngrowot (Krowot), yaitu tidak pernah memakan nasi, yang dimakan hanyalah makanan polo kependem. Antara lain, singkong (ubi kayu), gembili, uwi/suweg, ketela rambat (ubi jalar), kacang godok/kacang rebus, kacang bakar, namun tidak termasuk batu nisan dan beton cor. ([email protected])

22.1.12=Krowotan Polo Kependem (bsr)Foto: Krowotan makanan suguhan khas masyarakat Wonogiri (bsr)WONOGIRI-Salah satu wisata kuliner yang ada di Kabupaten Wonogiri adalah panganan krowotan polokependem. Krowotan polo kependem sering disuguhkan pada kegiatan social kemasyarakatan yang ada di Wonogiri.Misalnya acara bersih dusun, kerja bhakti, tirakatan hari ulang tahun Kabupaten Wonogiri. Bahkan tak jarang disuguhkan pada acara kegiatan kantor instansi pemerintah daerah Kabupaten. Makanan ini sangat popular ketika Kota Gaplek dipimpin oleh Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi.Begug terpilih menjadi Bupati Wonogiri pada tahun 1999 dengan didampingi oleh Wakil Bupati dr Y Sumarmo. Konon, terpilihnya Bupati Wonogiri karena yang besangkutan tirakat (prihatin) dengan melaksanakan puasa ngrowot.Puasa ngrowot (Krowot), yaitu tidak pernah memakan nasi, yang dimakan hanyalah makanan polo kependem. Antara lain, singkong (ubi kayu), gembili, uwi/suweg, ketela rambat (ubi jalar), kacang godok/kacang rebus, kacang bakar, namun tidak termasuk batu nisan dan beton cor. (bsr)

error: Content is protected !!