Jalur Lingkar Selatan Selatan Mulai Dihotmik

0 60

infowonogiri.com-PRACIMANTORO-Pembangunan jalan Jalur Lingkar Selatan Selatan (JLSS) mulai tampak dibangun dengan aspal hotmik. Proyek yang dibiayai dengan dana sharing dari APBN dan APBD I Propinsi Jawa Tengah dan APBD II Kabupaten Wonogiri itu mulai ada beberapa kilometer.

Antara lain dari arah barat ada di wilayah di Dusun duwet (Bakon) dan Dusun Sinung Desa Suci Kecamatan Pracimantoro. Diperkirakan baru dibangun sepanjang 2-4 kilometer dari sepanjang 15 Km dari arah Prascimantoro ke Perempatan Kota Kecamatan Giritontro.

Dari Kota Kecamatan Giritontro sampai dengan Giriwoyo sudah dibangun lebih dulu, seperti terlihat di Kedungklepu sampai Giritontro kidul, kira kira sepanjang empat kilometer. Namun bangunan hotmik tersebut sudah dibangun lebih dulu dari pada jalan di Dusun Bakon dan Sinung .

Proses pembangunannya berblok-blok, atau terpotong potong. Perblok kira kira sepanjang 1 Km. Sementara pantuan IW.Com dari Giritontro ke Kota Kecamatan Giriwoyo kira kira kira sepanjang 10 KM belum dibangun, bahkan jalan rusak parah, tampak mengelupas dan berlubang.

Sementara dari Kota Kecamatan Giriwoyo menuju ke Perbatasan Pacitan Jawa Timur sudah dibangun dengan aspal hotmik. Asal tahu, perencanaan pembangunan JLS (istilah IW, Jalur Pantusel: Pantai Selatan) sudah dirancang sejak tahun 2006, namun proses itu terkendala pembebasan tanah, penganggaran dari APBN maupun dari APBD.

JLS tersebut, menghubungkan empat Propinsi dan belasan Kabupaten. Yakni mulai dari Kecamatan Kalipucang Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Cilacap bagian selatan, Gombong, Kebumen, Purworejo, Kutoarjo, lalu masuk ke Propinsi DKI Jogjakarta, lalu masuk ke Wonogiri sampai di Pacitan Jawa Timur. ([email protected])

error: Content is protected !!