277 CPNS Terima SK PNS

0 21

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sejumlah 277 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler tahun 2009 resmi berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati serentak di pendapa rumah dinas bupati, Jumat (13/1).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Rumanti Permanandiyah membeberkan sebanyak 277 CPNS itu terdiri dari golongan II/c, III/a, dan IIIb. Rinciannya golongan II/c dari D2 ada 153 orang. Mayoritas tenaga operator komputer atau di bagian analis kepegawaian.
Golongan III/a ada 108 orang dari lulusan S1, terdiri dari formasi di bidang hukum, pendidikan, dan sosial. Golongan III/b ada 16 orang terdiri dari dokter, apoteker, dan psikolog. Meski S1, formasi ini begitu diangkat PNS langsung III/b karena perlu keahlian khusus.
Soal kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga lain setiap tahun terus meningkat. Karena jumlah pensiunan tidak sebanding dengan jumlah formasi yang dibutuhkan pemerintah pusat setiap seleksi CPNS. Pada 2010 ada 500 PNS pensiun, 2011 ada 535 PNS pensiunan yang mayoritas pendidik.
Kebutuhan guru dapat terbantu oleh para tenaga wiyata bakti (WB). Namun untuk menjadi CPNS tenaga guru WB tetap harus melalui tes CPNS reguler. Sebab sesuai aturan, sejak 2006 tidak ada lagi pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS.
Banyaknya tenaga guru pensiun dikarenakan pengangkatan PNS serentak pada tahun 1970-an. “Awal tahun ini baru ada satu PNS yang pensiun. Kekosongan dua kepala dinas hingga saat ini belum diisi karena menungg petunjuk dari Bupati,” imbuhnya.
Dua posisi eselon II yang kosong adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Jabatan itu sementara dikepalai oleh Plt Asisten III Setda Bidang Administrasi Gembong Muria Hadi. Dan, Kepala Dinas Sosial dijabat sementara oleh Plt Asisten I Setda Bidang Pemerintahan Edi Sutopo.
Asal tahu, tahun ini hingga 2013 ada sembilan pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun. Adalah Sekda Budiseno, Kepala Dinas Pendidikan Suparno, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Sumardjono, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pranoto, Asisten III Setda Bidang Administrasi Gembong Muria Hadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sri Wiyoso, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Gatot Gunawan, dua staf ahli bupati Dwidono Septiono dan Tri Marjoko. ([email protected])
error: Content is protected !!