27 Balon Pilkades Serentak di 6 Kecamatan

2 47

infowonogiri.com-WONOGIRI–Sebanyak 27 bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) akan bertanding dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Wonogiri, yang dilaksanakan serentak pada 11 Januari 2012 mendatang. Pilkades akan digelar di 8 Desa di 6 Kecamatan. Yakni di Desa Semagar (Girimarto), Hargantoro (Tirtomoyo), Selomarto (Giriwoyo), Jatirejo dan Pucanganom (Giritontro), Slogohimo dan Soco (Slogohimo), serta Kerjo Kidul (Ngadirojo).

Para Balon Pilkades Rabu (4/1) dan Tim Monitoring serta Panitia Pilkades diarahkan oleh Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko terkait pelaksanaan Pilldes. Wabup berharap para Balon Kades bisa mengendalikan kadernya agar tidak bertindak melampaui batas kemanan dan ketertiban. “Demokrasi bukan pemaksaan kehendak. Kita beri kesempatan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,”.

Wabup juga mengingatkan agar Balon Pilkades siap menang dan siap menerima kekalahan. “Kepala Desa yang terpilih harus paham betul akan konsekuensinya. Melamar untuk menjadi Kepala Desa tidak sama dengan melamar pekerjaan pada umumnya,” kata Wabup. Bupati minta panitia Pilkades bersikap netral agar tidak timbul masalah apalagi sampai gagal Pilkadesnya.

Berikut nama nama Balon Kades Desa Semagar; Tiyo dan M Turis H Sanjaya, di Desa Hargantoro; Warto dan Sutiyo, di Desa Selomarto Sugeng Dwi Atmoko, Maryono, Heri Prasetyo Spd, Abdul Rahman, di Desa Jatirejo; Sutarno, Harsono, Sutardi, Paidi, Supriyanto, Boman. Di Desa Pucanganom; Sukiyo, Yanto, Nolo Suyanto, Ahmad Sobari. Di Kerjokidul; Siti Zainatun, Eko Budiono dan Tukimin.

Di Desa Soco; Tardi, Hartanto, Sumantri, Sukadi, Sakiman. Di Desa Slogohimo hanya satu balon yakni Joko Suyanto alias Joko Bantolo. Meski hanya melawan bumbung kosong (kotak kosong), namun diprediksi Joko Bantolo tidak akan mudah mecapai cita citanya. Pasalnya masyarakat setempat menolak dia sebagai Kades.

Buktinya, Joko sudah empat kali mencalonkan akan tetapi belum pernah terpilih. “Dulu ada tiga calon pendaftar, entah mengapa calon lain mundur, sekarang Joko musuh bumbung kosong, tetapi berat loh. Sebab dia kurang dimaui warga. Dia sudah empat kali nyalon, belum pernah terpilih,” ujarnya Joko Pranowo SH Ketua LPKSM Keadilan Nusantara Slogohimo.

Disebutkan latar belakang Joko Bantolo adalah kakak ipar Kabag Kesra Pemda Wonogiri, Sumarjo yang juga mantan Camat Slogohimo. Joko Bantolo kakak dari isteri Sumarjo, Endah Dwi Umaryani yang tidak lain adalah anggota FPDI-P DPRD Wonogiri dari dapil wilayah Slogohimo. Saat ini Umaryani duduk di Komisi A DPRD Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!