Wonogiri ditarget tanam 5 Juta batang bibit pohon

0 50

infowonogiri.com-EROMOKO-Kegiatan aksi penghijauan wana lestari dalam rangka Gerakan PenanamanSatu Miliar Pohon /One Billion Indonesian Trees (OBIT) dilaksanakan penanaman kurang lebih 2.871.470 bibit pohon, di di Desa Pasekan Kecamatan Eromoko, Kamis (8/12). Pejabat Muspida Wonogiri hadir dalam acara tersebut.

Bibit pohon yang ditanam antara lain jenis bibit kayu sengon, jabon, mahoni, gemelina, suren, petai, mangga, matoa, sukun, dan lainnya. OBIT tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya. Melibatkan POLRI, TNI, Toga Tomas, dan seluruh komponen  masyarakat. Targetnya secara nasional berhasil menanam minimal satu miliar pohon dalam jangka waktu sampai tanggal 31 Januari 2012 nanti. Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko mengatakan bahwa dalam tahun 2010, telah tertanam sebanyak 6,69 juta batang dari target yang ditentukan sebanyak 4,5 juta batang.

“Tahun 2011 ini Wonogiri ditargetkan oleh Provinsi menanam sejumlah 5 juta batang pohon. Kami mengajak partisipasi seluruh komponen masyarakat, yang memiliki kemampuan membantu penyediaan bibit tanaman, agar bibit yang dapat ditanam lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” katanya.Ditambahkan, program OBIT ini salah dimaksudkan untuk menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor dan banjir, menyerap karbon dioksida akibat dari perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan.

Sementara, Kepala Dinas Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri Ir. Sri Jarwadi MM melaporan, Kabupaten Wonogiri telah meraih penghargaan lomba penghijauan dan konservasi alam. Yakni juara III Lomba Bupati Peduli Gerakan OBIT, juara III lomba Petugas Penghijauan Penyuluh PNS Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah, juara II Lomba Kontes Pohon  Gmelina Tingkat Provinsi Jawa Tengah, serta Kepala Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno sebagai Juara III Desa Peduli Kehutanan tingkat Provinsi Jawa Tengah. ([email protected])

error: Content is protected !!