STAB N Raden Wijaya Meresmikan Laboratorium Seni Pewayangan

0 119

infowonogiri.com-WONOGIRI-STAB Negeri Raden Wijaya menempati Kampus di Bulusari, Bulusulur Wonogiri dengan luas tanah ribuan meter. Dari Pendopo Kabupaten Wonogiri berjarak kurang lebih 5 KM. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum, sebab berada di jalur Jl. Raya Wonogoiri-Ponorogo dan Pacitan Jawa Timur.

Kampus STAB Negeri Raden Wijaya terdiri dari dua lantai. Tersedia 14 ruang yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar. Sebanyak 10 ruang untuk belajar, empat ruang perpustakaan, ruang laboratorium bahasa, dan laboratorium keagamaan, dan satu ruang lagi untuk laboratorium Seni Pewayangan.

Halaman sekitae 200 meter memanjang. Di sekeliling kampus terdapat sawah bertanaman padi, dan tegalan pohon kayu-kayuan. Jumlah dosen pengajar tenaga dan karyawan ada 35 orang, berstatus negeri dan swasta. “Ruang laboratorium seni pewayangan diresmikan oleh Sekda Bapak Budisena. Bapak Parno dari Pagutan, Manyaran juga menyatakan siap mengajarkan Tata Sungging,” katanya.

Karena itu, STABN Raden Wijaya berencana mengajukan kurikulum tentang seni Pedalangan dan Kebudayaan khusunya Budaya Jawa, sebagai kurikulum bermuatan lokal. “Muatan lokal itu penting dan bagus,” kata Heru. Akan dikembangkan pula kurikulum ekonomi kreatif untuk menciptakan kemandirian mahasiswa, seperti agrobisnis. Dalam penyusunan kurikulum nantinya, Heru akan melibatkan pengusaha. Sehingga secara teoritis dan praktis mudah diterapkan mahasiswa dan masyarakat luas. ([email protected])

error: Content is protected !!