Singkong Bernilai Ekonomi Tinggi

0 51

infowonogiri.com-WONOGIRI–Sebagai salah satu implementasi program Bali Desa Mbangun Desa, Pemerintah Povinsi Jawa Tengah memberikan bantuan mesin pengolah singkong kepada kelompok Citra Mandiri, Kamis (1/12) di Dusun Niru Wetan, Ngadirojo Kidul, Wonogiri.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Subandi PR, S.Pd kepada kelompok yang biasa mengolah ketela pohon (singkong), dan disaksikan oleh Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto.
Bupati mengatakan ketersediaan tanaman singkong di Wonogiri cukup melimpah. Namun, selama ini petani terbiasa menjual singkong utuh ke pasar. Padahal, jika diolah singkong menjadi aneka macam pangan yang bernilai ekonomi tinggi.
Kelompok Citra Mandiri, sudah mengolah singkong menjadi makanan seperti getuk, keripik, wingko babad, lopis, dan lainnya sebagai produksinya selama ini. “Tahun 2013 singkong tidak lagi dijual umbi utuh, diproses dulu agar bernilai lebih. Singkong utuh harganya Rp.700, tapi kalau diolah menjadi tepung bisa mencapai Rp.3 ribu,” katanya.
Karena itu Bupati menggerakkan UKM untuk berinovasi mengolah singkong menjadi bahan yang bernilai jual tinggi. Tujuannya agar kesejahteraan masyarakat meningkat. Sehingga kemiskinan dan pengangguran terkurangi. “Pemerintah juga menggalakkan pembuatan tepung cassava. Kalau bisa membuat cassava, masyarakat tidak perlu lagi membuat gaplek dijual.” ([email protected])
error: Content is protected !!