Royalti Pertambangan 2012 Capai Rp 3 Milyar

0 77
infowonogiri.com-WONOGIRI-Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral (PESDM) Kabupaten Wonogiri, Arso Utoro memperkirakan, pendapatan dari royalti pertambangan pada tahun depan diperkirakan akan meningkat drastis.

Jika pada tahun 2011 ini pendapatan retribusi hanya sekitar Rp 300-an juta setahun, maka di tahun 2012 mendatang akan meningkat menjadi Rp.3,6 miliar. Hal itu dikemukakan pada acara uji publik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan pertambangan.“Salah satu investor pertambangan galena akan mulai berproduksi pada tahun 2012, di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah. Pendpatan Rp.3,6 miliar itu adalah royalti dari pertambangan tersebut,” jelasnya.

Acara uji publik itu digelar di hotel Diafan Wonogiri Kota, Selasa (27/12) lalu. Acara tersebut, dibukan oleh Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto. Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho dan Ketua Komisi C DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, juga menghadiri acara itu.Bupati mengajak masyarakat agar tidak memanfaatkan situasi saat akan ada investor masuk. Hal itu hanya akan menghambat masuknya investor. “Ini tugas Camat agar mensosialisasikan ke masyarakat. Jangan sampai muncul masalah setelah ada pertambangan yang mulai produksi,” lanjutnya.

Sementara uji publik dipaparkan oleh tim penyusun Raperda, yaitu Kepala Bidang Sumberdaya Mineral Dinas PESDM Patrem Joko Priyono, Kasi Pembinaan dan Penyuluhan Balai ESDM wilayah Solo Panut Priyanto, dan tenaga ahli akademis Ir. Dianto Isnawan, MT dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.Raperda berisi dari 25 bab dan 92 pasal. “Harapannya bisa segera dibahas dan semester satu 2012 sudah bisa ditetapkan menjadi Perda,” jelas Patrem. ([email protected])

error: Content is protected !!