Penyebab Kebakaran Masih Simpang Siur

0 43

infowonogiri.com-WONOGIRI-Penyebab peristiwa kebakaran rumah milik Sayekti Nugraheni alias Heni (28) di Lingkungan Jatirejo RT 01 RW 09 Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, belum diketahui pasti. Berbagai spekulasi bermunculan. Ada pihak yang menduga penyebab kebakaran arus pendek konsleting listrik. Ada yang mengira kompor gas. Ada pula yang mengatakan dari kabel televisi.

Kakak kandung Heni, yaitu Agung Sri Widodo (33) warga Wonogiri, menduga bahwa penyebab kebakaran datang dari kabel stop kontak kabel TV. “Saya kira penyebab kebakaran datang dari kabel TV. Sebab cop-copannya sering memunculkan api, konslet lalu meletus dan terbakar mengeluarkan asap. Sehingga menyebabkan kabel kompor gas panas lalu gas meledak,” ujar Agung Sri Widodo.

Widodo mengaku, mendapatkan keterangan itu dari Meri (30) warga Selogiri. Meri adalah sahabat Heni, yang sering tinggal di rumah yang kini sudah rata tanah akibat terbakar itu. “Heni bercerita sama Meri. Katanya kabel cop-copan listriknya sering memercikan api. Meri lalu bercerita sama saya. Kalau ngomong saya, akan saya perbaiki,” ujar Agung.

Sementara beberapa saksi warga setempat, menduga penyebab kebakaran diduga dari kompor gas yang terletak di dapur rumah tersebut. Indikasinya asap kali pertama muncul juga dari rumah bagian belakang, lalu muncul suara ngosos dan disusul suara letusan dari dalam dapur rumah berdinding kayu dan bambu itu.

Sementara pihak kepolisian juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan dari mana api kali pertama muncul. “Kami belum bisa menyimpulkan apa penyebabnya dan dari mana api muncul,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika melalui Kasatreskrim AKP Sugiyo, Senin (19/12) di kantornya. Namun Sugiyo menduga penyebab kebakaran akibat arus pendek listrik.

Hanya saja, Sugiyo mengaku masih kebingungan dari jaringan listrik bagian apa munculnya api. Jika dari jaringan listrik, semua jaringan listrik di rumah tersebut ludes terbakar. “Hanya meteran yang utuh, keadaan mati, jeglek,” kata Sugiyo. Barang bukti kompor minyak dan kompor juga dalam keadaan hancur, sehingga belum bisa diselidiki.

Kini pihak kepolisian masih menunggu penyelidikan lebih lanjut apakah penyebab kebakaran tersebut. Polisi baru memeriksa dua orang saksi. Saksi-saksi lain belum bisa dimintai keterangan. Alasannnya keluarga korban masih berkabung.

Seperti diberitakan, dua anak bawah lima tahun (Balita) meninggal dunia dalam peritiwa kebakaran rumah, Sabtu (17/12) di Jatirejo RT 01 RW 09 Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Korban adalah Jauzaa Salwa Jahrani alias Salwa (3) dan adiknya Raditya Ghani Nugrautama alias Radit (1,6) anak kandung pasangan Utomo Julianto alias Uut (35) perantauan di Jakarta, dan Sayekti Nugrahaini alias Heni (29). Anak pertamanya Rafi selamat, karena saat itu ia tidak berada di dalam rumah. Kedua anak meninggal di dalam rumah yang terkunci dari luar. Ibunya pergi ke rumah neneknya, di Jatibeduk Purworejo Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!