Pembangunan Terminal A Akan Dikucuri Dana Rp.7 Miliar

0 17

infowonogiri.com-SELOGIRI-Bangunan terminal Tipe A Krisak Selogiri Wonogiri dikunjungi oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso Kamis (15/12) di lokasi yang rencananya sebagai terminal induk Wonogiri itu, di Selogiri. Ada harapan, paska kunjungan tersebut, Dirjen menjanjikan akan mengucurkan dana Rp.7 Milyar untuk merampungkan pembangunannya.

Dirjen berharap, pembangunan terminal yang dimulai sejak akhir 2009 lalu itu, rampung pada 2012 mendatang.  “Berapa ya, ya sekitar Rp.7 miliar. Jika tahun 2013 masih membutuhkan penganggaran akan diberikan lagi. Bangunan ini sudah layak dan bagus,” kata Suroyo Alimoeso, di lokasi kunjungan.
Menurutnya calon terminal induk Wonogiri ini sudah cukup memadai untuk menampung kendaraan umum yang keluar masuk di Wonogiri. Bentuk terminal tidak begitu besar, sehingga biaya perawatan cukup didanai dengan Kas APBD Wonogiri. “Penerangan di area terminal terlalu banyak, bisa dikurangi sehingga bisa menekan biaya operasional,” kata Dirjen, kawan masa kecil bupati Wonogiri itu.
Jika memungkinkan, untuk penerangan area luar akan dimanfaatkan sistem panel tenaga surya. “Bisa ditambah lagi fasilitas yang ada seperti ruang khusus ibu menyusui, ruang khusus merokok, serta fasilitas khusus lainnya,” pungkasnya.

Pengerjaan proyek terminal ini telah dimulai dengan pengadaan lahan dan pengerasan tanah akhir 2009 lalu. Di tahun 2011, anggaran yang turun dari pusat sebesar Rp.7,3 miliar untuk kelanjutan bangunan fisik berupa kios, ruang tunggu penumpang dan pelataran terminal. Pemda Wonogiri mengucurkan dana sharing sebanyak Rp 460 juta. ([email protected])

error: Content is protected !!