Kerusakan Jembatan Belik Joho Kian Parah

0 32

infowonogiri.com-SIDOHARJO-Jembatan Belik Joho di Lingkungan Jarum, Kelurahan/Kecamatan Sidoharjo mengalami kerusakan. Kini kondisinya kian rusak setelah makin sering diguyur hujan lebat. Bagian leneng jembatan tersebut telah ambrol, pekan kemarin sisi jembatan mengalami longsor.

Untuk menjaga keamanan pengguna jalan, warga memagari sisi jembatan yang longsor dengan bambu seadanya. Sekretaris Kelurahan Sidoharjo Sutarmin dan Bagian Teknis Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Sutarmo mengemukakan, jembatan tersebut adalah jalan alternatif yang dilalui warga.

Jalur tersebut juga ramai kendaraan karena salah satu akses jalan menuju pasar hewan Sidoharjo. “Perkiraan ambrolnya Juli lalu. Namun sampai saat ini belum diperbaiki. Aliran air dari utara menggerus Belik Joho. Gorong-gorong sempit. Pondasi tergerus air banjir sehingga longsor,” katanya.

Terpisah Camat Sidoharjo Supardi, SH, didampingi Petugas Pelaksana Teknis DPU Kecamatan Budi Wiyono memperkirakan dibutuhkan biaya sekitar Rp 170 juta. “Usulan perbaikan sudah diajukan lama, tapi belum ada rencana diperbaiki,” lanjut Supardi.

Supardi menjelaskan, jembatan dibangun tahun 1980-an, hasil swadaya masyarakat. Jembatan mulai rusak dari sisi selatan sepanjang 16 meter. Di sisi barat sungai tidak ada tanggul penahan. Aliran air mengalir  deras dari sisi barat langsung menerjang pondasi, sehingga pondasi tergerus air. ([email protected])

error: Content is protected !!