Wonogiri Kandidat Peraih CBAN 2011

0 22

infowonogiri.com-WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten Wonogiri berpeluang menjadi kandidat penerima penghargaan Citra Bakti Abdi Negara (CBAN) tahun 2011. Hal itu diketahui setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai pusat, Jumat (4/11), dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten di Bidang Pelayanan Publik.

Tim Penilai yang hadir terdiri dari unsure Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Ombudsman RI. Mereka disambut langsung oleh Sekda Bupati Wonogiri, Drs. Budisena MM di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Hadir pula seluruh pimpinan SKPD. Pada kesempatan tersebut, dipamerkan pelayanan public di halaman Pendopo seperti mobil perpustakaan keliling, bus sekolah, dan mobil hewan keliling. Sekda Budisena menyatakan rasa bangga atas kunjungan Tim Penilai tersebut. “Ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan publik Kabupaten Wonogiri itu baik,” katanya.

Sementara itu Pimpinan Rombongan Tim Penilai, Asisten Deputi Perekonomian Kemenpan RN Endy Fatony menyampaikan bahwa kehadirannya di Wonogiri dalam rangka pemberian penghargaan CBAN terhadap Kabupaten yang dinilai memiliki Kinerja Pemerintahan khususnya di Bidang Pelayanan Publik yang berkualitas. “Kami harapkan dengan adanya kegiatan ini akan dapat meningkatkan prestasi dan kualitas pelayanan. Sehingga akan dapat dirasakan oleh masyarakat. Juga dapat meningkatkan kesadaran pemerintah Kabupaten sebagai ujung tombak dari pelaksanaan Otonomi Daerah.” terangnya.

Menurutnya Piala bukanlah satu-satunya tujuan namun dengan status prestasi sebagai yang terbaik akan memotivasi Pemkab untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Dijelaskan, terdapat 3 hal yang telah disempurnakan. Antara lain pembenahan kelembagaan dengan melibatkan ombudsman dalam proses penilaian ini, pembenahan tim penilai dimana kami nanti akan memaparkan hasil penilaian kami kepada tim panel yang selanjutnya akan dipaparkan kembali kepada menteri, dan ketiga pembenahan proses penilaian yang transparan dan akuntabel.

Terpilihnya Pemkab Wonogiri tak lepas dari peran jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang telah berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam 3 tahun terakhir diketahui terdapat 76 Standar Pelayanan Publik yang telah diterbitkan antara lain Pelayanan Rawat Jalan, Pelayanan Ambulance, Pelayanan Jasa Terminal, Pelayanan Izin Usaha Perdagangan dan masih banyak lagi.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan Tim Penilai ke SMK Negeri 2 Wonogiri yang telah berhasil meraih penghargaan Citra Pelayanan Prima (CPP) sebagai Unit Pelayanan Publik dengan kinerja Terbaik dalam Bidang Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2010. ([email protected])

error: Content is protected !!