Warna Pupuk Subsidi Berubah

0 25

infowonogiri.com-WONOGIRI-Warna pupuk bersubsidi berubah. Semula pupuk urea bersubsidi berwarna putih. Kini menjadi berwarna pink. Perubahan tesrebut akan diberlakukan mulai 1 Januari 2012. Sosialisasi perubahan dilaksanakan oleh Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Wonogiri di rumah dinas pendopo Kabupaten Wonogiri.

Acara tersebut diikuti oleh Camat se-Kabupaten Wonogiri, distributor pupuk se-Kabupaten Wonogiri, Kordinator PPL, Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) dan pengecer pupuk bersubsidi se-Kabupaten Wonogiri. Total perserta berjumlah 350 orang.

Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Sumardjono mengemukakan, maksud tujuan sosialisasi tersebut adalah mengenalkan pupuk warna baru, yaitu pink. Harapannya untuk menghindari pemalsuan pupuk oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, mulai awal tahun 2012 tidak ada lagi perederan pupuk subsidi warna putih.

Sementara alokasi pupuk untuk tahun 2012 hingga saat ini belum diketahui. Sebab penentuan jumlah alokasi pupuk dilakukan oleh pemerintah pusat, sesuai kebutuhan pokok dan alokasinya, di wilayah kabupaten/kota masing-masing. Sementara stok pupuk warna putih tahun 2011 ini, di gudang pupuk Pusri Ngadirojo masih terdapat sebanyak 600 ton pupuk.

Soemarjo meyakini stok tersebut masih mencukupi kebutuhan petani sampai akhir tahun 2011. Namun jika faktanya stok pupuk putih tidak mencukupi kebutuhan, maka pupuk warna pink sudah boleh digunakan. “Statusnya luwes saja. Kalau stok lama tidak mencukupi pupuk yang baru sudah bisa digunakan, stok lama tidak mungkin akan tersisa,” ujar Somarjono. ([email protected])

error: Content is protected !!