Tiga Desa Di Kecamatan Girimarto Disiapkan Sebagai Kader Lingkungan

0 63

INFOWONOGIRI-.COM-GIRIMARTO-Sejumlah gabungan kelompok petani di tiga Desa di Kecamatan Girimarto, Wonogiri –yaitu Desa Waleng, Jatirejo dan Sidokarto- dipilih sebagai kader pelestarian lingkungan. Mereka dipilih oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup RI dan Dinas Lingkungan Hidup Pemda Wonogiri serta LSM pendampingan Fera TwoK Semarang.

Para gaboktan tersebut akan dididik dan dilatih tentang pengelolaan lingkungan. Hal itu dikemukakan oleh Sekretaris LSM Fera TwoK Sisdaryanto, di sela-sela seremonial kegiatan penanaman bibit pohon sengon, coklat dan jati ambon, di Desa Waleng Kecamatan Girimarto, Kamis (3/11) kemarin.

Pada kesempatan kemarin, LSM Fera TwoK menyerahkan bantuan bibit pohon sengon,  dan coklat berjumlah 7500 bibit. Usai pelatihan kelak, pemerintah akan menyerahkan benih sengon, coklat dan jabon sebanyak 100 ribu benih, melalui LSM berkantor di Semarang itu. Benih tersebut rencananya akan ditanam semua di lahan pertanian tidur di tiga desa setempat.

Sisdaryanto mengemukakan, dipilihnya tiga desa setempat, karena lahan pertanian di sana banyak yang nganggur. Selain itu lahan tersebut menjadi penyumbang sedimentasi Wadug Gajah Mungkur Wonogiri. Dipilihnya jenis pepohonan tersebut juga atas kehendak masyarakat setempat. ([email protected])

error: Content is protected !!